MotoGP Mandalika Akan Jadi Salah Satu GP Paling Ikonik

Kompas.com - 10/04/2021, 11:22 WIB
Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika Dok. MGPAMandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak penyelenggara MotoGP, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports, akhirnya sudah melakukan inspeksi langsung ke Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika, Lombok (7/4/2021).

Saat ini, Sirkuit Mandalika sedang mengerjakan pengaspalan lapisan pertama (AC Base) di beberapa ruas lintasan. Masih ada pekerjaan rumah melakukan pengaspalan lapisan kedua (AC Binder) hingga lapisan terakhir (surface SMA).

Baca juga: Sirkuit Mandalika akan Gelar WorldSBK 2021 dan MotoGP 2022

Selain meninjau kesiapan sirkuit, FIM dan Dorna Sports juga melihat kesiapan Bandara Internasional Lombok. Bandara ini sudah melakukan banyak pembenahan, antara lain perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya, dari 24.123 meter persegi menjadi 43.501 meter persegi, serta peningkatan landasan pacu dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter.

Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit MandalikaDok. IMI Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit Mandalika

Namun, pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung membuat semua pihak yang terlibat sepakat untuk menunda penyelenggaraan MotoGP di 2021. MotoGP pertama akan digelar di sirkuit ini pada paruh pertama musim 2022, atau sekitar bulan Maret.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, juga mengatakan, kunjungan ke Lombok sangat sukses dan pihaknya dapat memastikan bahwa Mandalika International Street Circuit akan menjadi salah satu venue terpenting di kalender ke depannya.

Baca juga: Masih Pengaspalan, Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 70 Persen

"Kami juga tahu bahwa pendukung dari Indonesia akan hadir secara masif dan balapan yang digelar akan menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang musim," ujar Ezpeleta, dikutip dari MotoGP.com, Sabtu (10/4/2021).

Ezpeleta menambahkan, Indonesia adalah pasar utama, tidak hanya untuk Dorna tetapi juga untuk semua pemangku kepentingan kejuaraan.

Jika MotoGP dapat digelar di Asia Tenggara jelang akhir musim 2021, pihak Dorna akan berusaha untuk menggelar sesi tes yang akan diikuti oleh para pebalap di kelas utama.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X