Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Dianggap Lebih Cakap Merawat Mobil Dibanding Pria

Kompas.com - 17/04/2021, 04:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang menjadi kewajiban setiap pemilik kendaraan adalah melakukan perawatan secara rutin. Tujuannya jelas, agar kondisi mobil tetap terjaga, dan nyaman saat dikendarai.

Tingkat kepedulian terhadap mobil setiap pemilik kendaraan pun berbeda-beda, termasuk antara pria dan wanita. Bahkan, tidak sedikit yang percaya bahwa mobil yang dipakai oleh wanita lebih terawat dan relatif lebih terjamin kondisinya.

Anggapan ini kerap kali muncul, terutama saat ada yang menjual mobil dengan menyampaikan sedikit sejarah kepemilikan kendaraan tersebut.

Lantas, apakah benar wanita lebih cakap dalam merawat mobil dibandingkan pria?

Baca juga: Pameran IIMS 2021 Diawasi Ketat Satgas Covid-19

Kepala Bengkel Auto2000 Suparna mengatakan, fakta tersebut ada benarnya. Salah satunya penyebabnya karena kebanyakan wanita memiliki sifat dasar yang lebih berhati-hati dalam memakai kendaraan pribadi.

“Kalau ada anggapan mobil bekas wanita kondisinya lebih bagus mungkin saya lebih setuju,” ujar Suparna kepada Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Ilustrasi pengemudi wanitaflickr.com Ilustrasi pengemudi wanita

Suparna memberi contoh dalam konteks kecepatan, banyak pria yang tidak bisa melihat jalan kosong. Sehingga langsung digeber mentok gasnya kecepatan tinggi di atas 150 km per jam. Sedangkan kaum hawa jarang sekali yang hobi ngebut.

“Jadi saat kendaraan dijual, biasanya memang secara keseluruhan lebih terlihat kondisinya lebih baik yang bekas pemilik wanita,” kata Suparna.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Didominasi SUV dan MPV

Namun hal berbeda justru diungkapkan oleh Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi. Menurutnya, kondisi mobil tidak begitu tergantung pada siapa yang memakainya. Melainkan, bagaimana mobil tersebut dilakukan perawatan secara rutin ke bengkel.

“Harus dilihat aktualnya (perawatannya), bisa saja wanita cara pakainya gantung kopling, jadi kampsnya lebih tipis. Maka dari itu harus dilihat dari segi perawatannya, dengan begitu, maka kondisi mobil tetap terjaga dan dalam keadaan yang bagus,” kata Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com