Pakai Lampu Hazard Saat Hujan, Kebiasaan Lumrah tapi Salah

Kompas.com - 17/04/2021, 03:02 WIB
Ilustrasi Lampu Hazard yang menyala saat kondisi hujan Grid.idIlustrasi Lampu Hazard yang menyala saat kondisi hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara saat hujan besar disertai angin kencang rupanya bukan hanya seputar masalah kesiapan mobil, tetapi juga kebiasaan pengemudi. Selain harus meningkatkan kewaspadaan, pengemudi juga wajib mengerti tiap fungsi dan fitur yang ada pada kendaraannya.

Sampai saat ini masih banyak pengemudi mobil salah kaprah dalam memanfaatkan fitur yang ada. Paling sering dengan menyalakan hazard saat didera hujan lebat di jalan.

Seperti rekaman yang diunggah oleh akun @dashcamindonesia. Dalam video tersebut terlihat beberapa pengemudi mobil yang menyalakan lampu hazard ketika berkendara dalam kondisi hujan lebat.

Baca juga: Pameran IIMS 2021 Diawasi Ketat Satgas Covid-19

Unggahan tersebut pun mendapat berbagai komentar dari warganet. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang justru belum paham dengan fungsi lampu hazard yang sebenarnya.

“Saya malah ke bantu kalau ada yang menyalakan hazard saat hujan deres. Visibilitas mantap, dan makin hati-hati bawa kendaraannya karena takut dia ngasih tahu ada genangan,” tulis salah satu warganet.

“Hal yang bisa dimaklumi kayak gini. Kenapa dimaklumi? Karena kondisi hujan, sorot lampu hazard kan kuning jadi membantu pengelihatan sopir yang ada di belakang mobil kita,” kata warganet lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu pernah menyampaikan bahaya menyalakan hazard saat berkendara dalam kondisi hujan.

Menurut Jusri, hazard selain membuat pengendara lain bingung, sinar lampu yang selalu berkedip dapat menurunkan konsentrasi pengendara di belakang.

“Jarak pandang minim saat hujan deras. Jika sampai ada yang menyalakan hazard, tentu itu bisa membuat pandangan pengendara di belakang menjadi silau hingga hilang konsentrasi,” ujar Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.

Fungsi lampu hazard sendiri sebetulnya sudah diatur dalam Undang-undang. Dilansir dari media sosial Facebook Divisi Humas Mabes Polri, hazard lamp (lampu darurat) atau biasa disebut lampu hazard adalah lampu yang hidup bersamaan ketika tombol (bergambar segitiga merah) ditekan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X