Tahun Emas, Toyota Bicara Transformasi Industri Elektrifikasi

Kompas.com - 10/04/2021, 15:42 WIB
Toyota Hybrid Toyota Hybrid

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 2022, PT Toyota Motor Manufactruing Indonesia (TMMIN) siap memulai langkah baru dengan memproduksi jajaran mobil elektrifikasinya di Tanah Air.

Menuju kondisi tersebut, Toyota mengklaim mulai melakukan persiapan dari hulu hingga hilir, termasuk kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk menggarap kendaraan yang digadang-gadang ramah lingkungan tersebut.

Bob Azzam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN mengatakan, bicara soal transformasi industri artinya berbicara soal orang atau SDM yang ada di dalamnya.

"Jadi untuk masuk era elektrifikasi kita diuntungkan karena memiliki natural resources yaitu cadangan nikel yang cukup besar," ucap Bob dalam diskusi virtual 50 Tahun Toyota di Indonesia, Kamis (8/4/20201) lalu.

Baca juga: Toyota Pilih Elektrifikasi Avanza atau Innova demi Ekosistem Industri

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Tetapi banyak contoh yang menggambarkan kalau hanya bergantung dengan itu saja tidak cukup, harus dibekali SDM yang kompeten dan mampu mengimplementasikan teknologi," kata Bob. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Lebih lanjut Bob mengatakan, SDM akan sangat penting sekali. Karena itu Toyota bersama dengan Astra fokus untuk pengembangan SDM, termasuk mengenalkan soal total quality control di Indonesia dan manajemen kendali mutu.

Sementara sehubungan dengan adanya tranformasi menuju elektrifikasi dari konvensional, Bob menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan SDM mulai dari hulu hingga hilir.

Karena dipastikan bakal ada perubahan besar dari segala sisi. Mulai dari tenaga penjual, sistem finansialnya, model asuransi, bengkel, aftermarket, pabrik, sampai supplay chain pastinya akan mengalami perubahan.

Baca juga: Soal Peluncuran Raize, Toyota Bilang Sebentar Lagi

"Perubahannya itu hulu sampai hilir, jadi sebelum memasuki elektrifikasi yang lebih intens kita harus menyiapkan people (SDM) dari hulu hingga hilir juga," kata Bob.

Aktivitas produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Karawang Plant I milik Toyota Motor Manufacturing (TMMIN).Febri Ardani/KompasOtomotif Aktivitas produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Karawang Plant I milik Toyota Motor Manufacturing (TMMIN).

Untuk itu, Toyota Indonesia sudah menyiapkan langkah strategis sebelumnya, seperti pengadaan program pendidikan diploma yang ada di Karawang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.