Tips Deteksi Masalah Sepeda Motor Melalui MIL

Kompas.com - 10/04/2021, 14:22 WIB
Lampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada motor Honda Dok. AHMLampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada motor Honda

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era motor injeksi, semua jadi serba canggih. Bahkan, untuk mendeteksi kerusakan bisa diketahui hanya dengan melihat lampu indikator pada speedometer atau Malfunction Indicator Lamp (MIL).

Salah satu pabrikan yang sudah beralih semuanya ke injeksi adalah Honda, dengan sistem Programmed Fuel Injection (PGM-FI).

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Knock Sensor pada Sistem Injeksi

Kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosa ini akan disampaikan melalui MIL yang terletak pada bagian speedometer Honda.

Ilustrasi kecepatan yang ditunjukkan oleh speedometer Ilustrasi kecepatan yang ditunjukkan oleh speedometer

Pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor siap dinyalakan. Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, maka MIL akan terus berkedip.

Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI. Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik.

Baca juga: Tanda-tanda Fuel Pump Motor Injeksi Mulai Melemah

Dalam mendeteksi kedipan MIL, untuk satu kedipan panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan cepat. Lalu untuk satu kedipan cepat akan dihitung 1.

Berikut indikator permasalahan motor berdasarkan kedipan motor:
1 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan akselerasi kurang baik dan performa mesin pun tidak maksimal pada putaran atas.

7 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat membuat mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.

8 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah mati dan akselerasi pun tidak maksimal.

Speedometer sepeda motor bebek Honda terbaru, transmisi menggunakan tipe 6-percepatan.Captured via YouTube Speedometer sepeda motor bebek Honda terbaru, transmisi menggunakan tipe 6-percepatan.

9 Kedipan
Menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak bagus.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X