Menggunakan Sarung Tangan Motor Saat Berkendara Masih Dianggap Sepele

Kompas.com - 27/03/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi berkendara di era new normal IstimewaIlustrasi berkendara di era new normal

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini penggunaan sarung tangan ketika berkendara sepeda motor kerap dianggap sepele. Padahal, perlengkapan yang jadi salah satu atribut keselamatan tersebut memiliki banyak manfaat.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, salah satu fungsi dari sarung tangan motor ialah untuk mencegah luka fatal pada jari-jari akibat gesekan atau benturan saat mengalami kecelakaan.

"Tidak hanya melindungi tangan pengguna dari sinar matahari dan hujan saja, sarung tangan penting. Adapun sarung tangan yang baik tak hanya menutupi punggung tangan (setengah tertutup), tetapi full (beserta jari tangan)," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mobil Rental Kena Tilang Elektronik, Bagaimana Urusannya?

Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan. maximomoto.com Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan.
 

"Hal ini dilakukan agar ketika terjadi kecelakaan, bagian tangan kita dapat terhindar dari cedera serius," lanjut Sani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senada dengannya, Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto, juga menyebut sarung tangan pada motor sangat penting. Sebab, bisa meningkatkan kenyamanan pengendara seiring grip yang lebih baik.

Baca juga: Ini Efek Tidak Ganti Engine Mounting yang Aus

Maka dari itu, hindari memilih sarung tangan hanya karena menarik dipandang atau berguna menjadi aksesori tetapi minim fungsi utama.

"Sarung tangan itu ibaratnya adalah kulit kedua si pengendara motor. Jadi bila tidak pas seperti longgar atau licin (bukan kulit sintesis atau kain tebal tahan goresan), akan membuat gerakan menggenggam stang motor tidak maksimal," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.