Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menakar Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil pengetesan singkat soal sensasi berkendara, ternyata Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2, tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Namun demikian, berkat ragam instalasi fitur modern yang disematkan, membuat Pajero Sport facelift makin fun to drive untuk dikendarai, baik dalam kota atau di jalan bebas hambatan.

Bicara soal tenaga juga demikian, mengusung spesifikasi dapur pacu yang sama, yakni mesin diesel 2.400 cc MIVEC Turbocharger dengan kode 4N15, otomatis produksi daya yang dihasilkan juga tak berbeda.

Dari data di atas kertas, Pajero Sport Dakar facelift ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 178,5 tk di 3.500 rpm. Sementara torsi sebesar 430 Nm, cukup membantu SUV bongsor ini melesat responsif di putaran bawah saat pedal gas di-kickdown.

Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakarnya ?

Selama dua hari mengajak Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 berkeliling melintasi beberapa sudut Ibu Kota dengan beragam kondisi lalu lintas, hasilnya masih dalam toleransi.

Begitu juga saat mengajaknya melesat lebih cepat di ruas Tol Jakarta-Cikampek, rata-rata konsumsinya tak mengecewakan bagi sebuah mobil dengan postur bongsor.

Total dengan jarak tempuh mencapai 285 km, berdasarkan hasil akhir di MID, bahan bakar yang redaksi dapat mencapai 10,6 kpl.

Artinya, 1 liter bahan bakar bisa mengantarkan Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 menjelajah kurang lebih 10,6 km.

Namun perlu diketahui, hasil konsumsi tersebut redaksi dapatkan dengan beberapa variasi gaya berkendara, belum lagi ditambah kondisi lalu lintas.

Mulai dari agresif dengan pedal gas yang ditekan lebih dalam, bermacet-macetan di jalan arteri, merasakan manuver di kecepatan tinggi, sampai santai memanfaatkan fitur adaptive cruise control-nya (ACC).

Nah, menariknya saat menjajal fitur ACC dari Karawang hingga Halim via tol layang Jakarta-Cikampek, dengan kondisi lenggang dan kecepatan konstan antara 70-90 kpj , konsumsi yang sempat tertera di MID tembus hingga 13,2 kpl.

Melihat dari dimensi dan bobot, serta gaya berkendara juga kondisi lalu lintas, dengan hasil akhir 10,6 kpl, rasanya konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 yang dipasarkan sebesar Rp 624,7 juta tersebut, masih cukup baik. 

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/27/100200515/menakar-konsumsi-bbm-pajero-sport-dakar-ultimate-4x2-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke