Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jenis Shift Lock Mobil Matik Agar Bisa Parkir Pararel

Kompas.com - 26/03/2021, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan parkir secara pararel pada mobil bertransmisi otomatis atau matik cukup berbeda dibandingkan kendaraan manual. Pengguna harus lebih dahulu mengaktifkan fitur shift lock.

Melalui fitur tersebut, mobil matik bisa diparkir dengan kondisi transmisi berada di posisi netral (N), bukan P (parking). Sehingga, petugas parkir bisa mendorong mobil terkait bila diperlukan.

Namun, cara kerja shift lock sendiri berbeda-beda di tiap mobil. Paling sering ditemui berbentuk seperti tombol yang letaknya berada masih dalam rangkaian tuas transmisi, umumnya di bagian atas.

Baca juga: Begini Cara Parkir Mundur yang Aman Pakai Mobil Transmisi Matik

Shift lock dengan anak kunci di mobil matik Shift lock dengan anak kunci di mobil matik
 

Untuk mengakitfkan shift lock dengan model ini, menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna sangat mudah dilakukan. Pengemudi cukup mematikan mobil seperti biasa dengan tuas transmisi di posisi P lebih dulu.

“Biasanya dua cara, satu dengan tombol satu dengan anak kunci. Untuk tombol, prosesnya matikan mobil seperti biasa dengan tuas di P. Setelah itu tekan tombol shift lock dan geser ke posisi N," ujarnya belum lama ini kepada Kompas.com.

"Dengan demikian kunci mobil tetap bisa dilepas seperti biasa dan mobil bisa digeser,” lanjut Suparna

Sementara jenis shift lock yang kedua berupa lubang. Kebanyakan jenis yang seperti ini dipakai pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.

Baca juga: Begini Cara Mobil Matik Bisa Didorong Saat Parkir Paralel

Kenali cara kerja shift lock di mobil matik Kenali cara kerja shift lock di mobil matik
 

Menurut Suparna, secara fungsi memang tidak berbeda dengan model tombol, hanya saja proses pengunaannya yang sedikit berbeda lantaran harus dicolok menggunakan anak kunci.

“Lubangnya itu berada di samping tuas transmisi. Jadi harus dicolok dengan anak kunci, kalau mobil yang pakai smart key atau remote itu kan tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat, anak kunci itu bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock,” kata dia.

Ia pun tak lupa mengingatkan bahwa saat pengguna mengaktifkan fitur shift lock, jangan mengaktifkan rem tangan. Prilaku ini membuat mobil tetap tidak bisa digerakkan ketika parkir pararel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com