Kementerian PUPR Tingkatkan Kondisi Jalur Pansela Sepanjang 99,63 Km

Kompas.com - 25/03/2021, 17:31 WIB
Jalan Pansela Jawa Kementerian PUPRJalan Pansela Jawa
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.604 km yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur.

Peningkatan kondisi jalan Pansela Jawa diharapkan dapat menjadi jalur wisata wilayah pesisir pantai selatan.

Serta memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian selatan sehingga dapat mengurangi kesenjangan dengan wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa yang potensi ekonominya lebih maju.

Baca juga: Jika Melanggar Aturan, Polisi Akan Tilang Mobil Plat RFS dan Sejenisnya

Jalan Pansela JawaKementerian PUPR Jalan Pansela Jawa

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan, pihaknya akan terus mempromosikan jalur Pansela Jawa agar orang tertarik melewati jalan tersebut.

“Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak obyek wisata,” ujar Basuki, dalam keterangan resmi (25/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga saat ini tengah meningkatkan kualitas layanan Jalur Pansela Jawa sepanjang 99,63 km yang terdiri dari 9 ruas tersebar di wilayah Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca juga: Penjualan Avanza-Rush Naik163 Persen, Vios Naik 500 Persen

Jalan Pansela JawaKementerian PUPR Jalan Pansela Jawa

Di Provinsi Jawa Tengah, penanganan Jalur Pansela Jawa dilakukan di 2 ruas sepanjang 10,65 km yakni ruas Tambakreja - Bantarsari di Kabupaten Cilacap (6,15 km) dengan progres fisik 81,59 persen.

Selanjutnya ruas Jladri - Karangbolong - Tambak Mulyo di Kabupaten Kebumen (4,5 km) dengan progres 93,97 persen.

Selanjutnya di Provinsi DI Yogyakarta tengah ditangani 3 paket pekerjaan Jalur Pansela sepanjang 17,32 km, yakni penanganan Jembatan Kretek 2 sepanjang 2,02 km.

Baca juga: Maraknya Perampasan Sopir Truk di Wilayah Tanjung Priok

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.

Kemudian, ruas Legundi-Planjan di Kabupaten Gunungkidul sepanjang 4,7 km dengan progres fisik 49,85 persen, serta ruas Jeruk Wudel-Baran-Duwet di Kabupaten Gunungkidul (10,6 km) dengan progres 82,40 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X