Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR yang Hobi Naik Motor

Kompas.com - 23/10/2019, 13:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Basuki Hadimuljono kembali ditunjuk sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Basuki diketahui sebagai penyuka sepeda motor. Beberapa kali, Doktor Teknik Sipil dari Universitas Colorado, AS itu menemani Presiden Joko Widodo blusukan naik motor ke berbagai tempat.

Baca juga: Intip Spesifikasi Toyota Prius Gazoo Racing yang Ditaksir Sri Mulyani

Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Foto: Biro Setpres Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Basuki pernah bersama rombongan naik Kawasaki KLX 150BF saat kunjungan ke Papua pada Mei 2017. Saat itu dia menemani presiden meninjau pembangunan jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu 1.

“Kalau naik trail kelihatan jelas kesulitannya. Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun. Kita ini kan coba melihat di lapangan,” ujar Jokowi kala itu.

Acara riding Menteri Basuki makin sering terjadi ketika Presiden Jokowi kepincut motor kustom pada 2018. Usai Jokowi membeli Chopperland, dia pun beberapa kali ikut motoran ke berbagai tempat.

Robongan Jokowi naik motor trail di PapuaFoto: Biro Setpres Robongan Jokowi naik motor trail di Papua

Salah satu yang masih diingat ialah kala menemani Jokowi riding menjajal performa motornya di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018).

Baca juga: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Pecinta SUV

Kala itu Menteri Basuki naik Chopperland merah bermesin Royal Enfield, sedangkan saat itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, memakai Cleveland Misfit custom Deadline garapan Lawless Jakarta.

Saat itu Jokowi dan pera menteri riding dari kantor Kecamatan Bantargadung menuju Istana Pelabuhan Ratu. Total jarak riding sekitar 30 km menuju lokasi peninjauan Program Padat Karya Tunai, Kementrian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com