Kena Razia Knalpot di Solo, Sepeda Motor Langsung Diamankan

Kompas.com - 22/03/2021, 19:01 WIB
Petugas menindak pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot brong di wilayah Karanganyar dok polres karanganyarPetugas menindak pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot brong di wilayah Karanganyar
|

SOLO, KOMPAS.com - Razia knalpot bising di Solo, Jawa Tengah sudah mulai diperketat. Penindakan dilakukan terhadap pengguna sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan kebisingan knalpot ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009.

Dalam aturan tersebut dijelaskan, bahwa tingkatan kebisingan untuk motor kapasitas 80cc hingga 175cc adalah maksimal 83 dB dan di atas 175cc maksimal 80 dB. (dB=Decibel / satuan keras suara).

Baca juga: Kena Tilang Elektronik di Solo, Begini Cara Mengurusnya

"Penindakan atau razia knalpot di Kota Solo akan kami perketat, mulai saat ini kita tidak hanya melakukan operasi hanya pada Sabtu malam, kalau diperlukan tujuh hari dalam seminggu kita akan melakukannya," Jelas Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytia Warman, kepada Kompas.com, Sabtu (20/03/2021).

Mengukur kebisingan knalpot yang benar saat razia knalpot menurut polisiDok. Siger Gakkum Official Mengukur kebisingan knalpot yang benar saat razia knalpot menurut polisi

Pengguna kendaraan yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku akan segera ditindak tegas dan dilakukan penilangan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mobil Jadi Incaran, Ini Jenis Pelanggaran yang Kena Tilang Elektronik di Solo

"Hukumannya yang pasti kita akan langsung melakukan penilangan. Kemudian setelah itu kendaraan langsung kita amankan ke urusan tilang," ujar Adhytia.

Setelah dilakukan penilangan, pengguna kendaraan bermotor yang melanggar aturan akan dikenai tilang lalu kemuidam kendaraan akan diamankan polisi.

Baca juga: Inikah Sosok Harley Sporster Buatan China?

Razia knalpot bisingFoto: Twitter TMC Polda Metro Jaya Razia knalpot bising

"Untuk pengambilannya, yang bersangkutan setelah mebayar denda tilang melalui bank ataupun pengadilan, dengan membawa bukti pembayaran kendaraan bisa diambil dengan catatan harus mengganti knalpot pada saat itu juga," tambahnya.

Penggantian knalpot untuk saat ini tidak dilakukan di lokasi secara langsung, karena menurut Adhytia, tindakan seperti itu akan membuat pengendara menggampangkan aturan yang berlaku.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X