Menambah Processor Audio di Mobil, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 22/03/2021, 16:41 WIB
Perangkat amplifier plus processor dari Cello Audio. Cello AudioPerangkat amplifier plus processor dari Cello Audio.

JAKARTA, KOMPAS.com – Bentuk modifikasi pada kendaraan salah satunya yaitu merombak sistem hiburannya. Mengganti speaker, head unit, sampai menambah subwoofer kerap dilakukan para pencinta modifikasi audio.

Selain menambah komponen tadi, ada satu perangkat yang penting ketika memodifikasi sistem audio mobil, yaitu processor.

Lalu daripada sekadar mengganti atau membeli processor, apa fungsi sebenarnya?

Pujiyanto S, Founder Music Art Indonesia mengatakan, fungsi dari processor adalah untuk tuning atau mengelola suara. Dengan begitu, suara yang dikeluarkan dari speaker bisa maksimal didengar oleh pengemudi dan penumpang.

Baca juga: Kena Tilang Elektronik di Solo, Begini Cara Mengurusnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Music Art Indonesia (@music.art.id)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

“Suara yang dikelola meliputi crossover aktif, time delay dan equalizer,” ucap Pujiyanto kepada Kompas.com, Sabtu (20/3/2021).

Penyetalan tadi dilakukan lewat aplikasi di laptop maupun hand phone. Bahkan beberapa processor sudah dilengkapi dengan bluetooth.

Jadi bisa playback lagu lewat telepon genggam, tidak lewat head unit.

Kemudian jika hanya menambah processor sedangkan komponen lainnya dibiarkan standar, bisa saja dilakukan. Namun Pujiyanto tidak menyarankan hal tersebut, karena akan mubazir.

Baca juga: Mobil Jadi Incaran, Ini Jenis Pelanggaran yang Kena Tilang Elektronik di Solo

“Bisa saja, cuma kan mubazir jadinya. Karena kebanyakan speaker OEM mobil itu hanya sekadar bunyi. Disarankan untuk mengaplikasikan sebuah sistem audio,” kata Pujiyanto.

Selain itu, jika hanya mengganti salah satu komponen, perubahannya tidak signifikan. Kemudian untuk perawatannya, pastikan penempatan processor di mobil harus menerima sirkulasi udara yang baik.

Processor atau semua perangkat elektronik disarankan harus ada sirkulasi yang baik karena ada maximum operating temperature. Sehingga komponennya jadi lebih awet,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X