Royal Enfield Himalayan Palsu Asal China, Harga Lebih Murah

Kompas.com - 22/03/2021, 14:41 WIB
Hanway G30 kloningan RE Himalayan Foto: BikesrepublicHanway G30 kloningan RE Himalayan
|

BEIJING, KOMPAS.com - Bukan sekali dua kali produsen motor asal China meniru produk merek lain. Kali ini motor yang dikloning ialah Royal Enfield Himalayan.

Merek Inggris produksi India tersebut dikloning oleh pabrikan asal China bernama Hanway. Modelnya ialah Hanway G30 yang bisa dibilang kembar dengan RE Himalayan.

Baca juga: RE Classic Laris Manis, Orang Indonesia Suka Sejarah dan Budaya

Hanway G30 kloningan RE HimalayanFoto: Bikesrepublic Hanway G30 kloningan RE Himalayan

Mengutip Bikesrepublic, meski desainnya bisa dikatakan tiruan tapi Hanway G30 justu dibekali beberapa fitur yang tidak ada di RE Himalayan.

Motor ini mengusung lampu depan LED dan panel instrumen memakai layar TFT besar. Pengereman ABS dual channel depan cakram 280 mm dan belakang 240 mm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian mesinnya tidak sebesar RE Himalayan yang 411cc. Hanway G30 mengusung mesin 249,2cc, satu silinder, berpendingin cairan yang menghasilkan 26 tk.

Baca juga: Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik

Hanway G30 kloningan RE HimalayanFoto: Bikesrepublic Hanway G30 kloningan RE Himalayan

Sangat disayangkan Hanway G30 mencoba meniru RE Himalayan. Padahal dengan fitur yang ada, pabrikan tersebut bisa saja membuat model sendiri.

Apalagi harga Hanway G30 bisa dikatakan bersaing untuk motor adventure kelas bawah dan menengah. Harganya 10.908 ringgit Malaysia atau setara Rp 38 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.