Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2021, 14:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor bebek memang telah kalah pamor dibandingkan skutik dan motor sport. Namun motor bebek tetap mampu mempertahankan segmen pasarnya hingga saat ini.

Beberapa produsen sepeda motor pun masih memproduksi motor bebek seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Meski begitu, jumlahnya kini tidak sebanyak motor skutik dan motor sport.

Umumnya orang yang masih memilih menggunakan motor bebek beralasan bahwa konsumsi BBM lebih irit dibanding jenis motor lain. Selain itu, harganya pun lebih terjangkau.

Di bursa motor bekas, motor bebek juga masih memiliki banyak peminat meski tidak seramai dulu. Ini karena bursa motor bekas sudah didominasi motor skutik sejak beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Standar Tengah Supaya Awet

"Kami jarang stok motor bebek bekas. Sekarang pun kosong. Kebanyakan memang cari matik," kata pemilik showroom motor bekas Nora Motor yang tidak ingin disebutkan namanya saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Honda Supra X 125 RAHM Honda Supra X 125 R

Sementara itu, Dimas Arvian selaku pengusaha jual beli motor bekas di daerah Palmerah, Jakarta Barat menjelaskan bahwa di kisaran harga Rp 7 jutaan bisa mendapatkan motor bebek tahun produksi muda.

"Kalau budget Rp 7 jutaan bisa dapat Supra X 125 atau Jupiter Z," kata Dimas saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/3/2021).

Perlu dicatat bahwa terdapat perbedaan harga yang mungkin terjadi antar showroom. Perbedaan harga bisa disebabkan kondisi unit terkait, jarak tempuh, pajak hidup atau mati, dan kelengkapan surat-surat.

Baca juga: Suara Produsen Lokal Soal Razia Knalpot Bising yang Sedang Marak

Berikut beberapa motor bebek bekas yang dapat dibeli dengan dana Rp 7 jutaan dilansir dari situs jual beli daring dan showroom motor bekas.

Honda Supra X 125 FI tahun 2014 harga Rp 7,1 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com