Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergi Pertamina dan BNI Berdayakan UMKM Hadirkan Pertashop

Kompas.com - 20/03/2021, 11:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) kembali meresmikan Pertashop untuk menambah jangkauan bahan bakar minyak ke seluruh pelosok negeri. Berkerja sama dengan BNI, kali ini layanan hadir di wilayah Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pembangunan Pertashop menyasar pengusaha daerah ataupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dibantu melalui fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh BNI sebagai bentuk pemberdayaan UMKM dan ekonomi desa.

"Seluruh masyarakat berhak menikmati energi berkualitas. Melalui program Quick Win sinergi Pertamina dan BNI, masyarakat tak hanya dapat mengakses energi dengan mudah," kata Direktur Keuangan PT PertaminaPatra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Arya Suprihadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/3/2021).

Baca juga: Biasa Pakai BBM Oktan Tinggi, Lalu Pilih yang Rendah Karena Darurat

Ilustrasi Pertashop Ilustrasi Pertashop

"Tetapi juga memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat, UMKM, dan calon mitra lainnya untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan energi negeri," lanjutnya.

Sebagai lembaga penyalur resmi berskala kecil milik Pertamina, Pertashop memiliki standar kualitas, operasional, dan harga yang sama.

Karena itu, masyarakat sebagai konsumen tidak perlu khawatir akan kualitas dan harga produknya, dan bagi calon mitra, yakni pengusaha daerah ataupun UMKM tidak perlu khawatir pasokan dan prosedur operasional pelayanan yang akan diberikan karena semuanya akan melalui pelatihan.

"Saat ini sudah 1.371 Pertashop yang beroperasi di seluruh Indonesia. Harapannya, Pertashop dapat mempermudah aktivitas masyarakat sekaligus memberdayakan masyarakat diwilayah sekitar sehingga dampanya tidak hanya dalam memudahkan akses energi, tetapi juga turut meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat di daerah tersebut," tambah Arya.

Baca juga: Dipimpin Brio Satya, Pasar LCGC Tumbuh Positif pada Februari 2021

 Salah satu gerai Pertashop yang dihadirkan Pertamina di Tol Trans-Jawa. (Dok. Humas Pertamina). Salah satu gerai Pertashop yang dihadirkan Pertamina di Tol Trans-Jawa.

Arya menambahkan, kesempatan masyarakat menjadi mitra Pertashop masih sangat terbuka besar dan syaratnya juga mudah. Seluruh informasi dan persyaratan dapat dicek langsung melalui website https://kemitraan.pertamina.com/.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal turut menyambut baik sinergi yang sudah berjalan dengan baik.

Ial mengatakan, BNI dan Pertamina saat ini mengimplementasikan Program Quick Win dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan dan UMKM melalui Program Pertashop.

"Pertashop merupakan potensi untuk memberdayakan nasabahBNI terkhusus masyarakat di desa dan UMKM sekaligus memastikan ketersediaan energi di seluruh wilayah di Indonesia," ujarnya.

"Memfasilitasi hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen BNI untuk mendorong perekonomian nasional di tengah kondisi pandemi," kata Iqbal lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com