Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Merawat Standar Tengah Supaya Awet

Kompas.com - 20/03/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan posisinya yang berada di bawah motor, terkadang kita lupa bahwa standar ganda atau standar tengah pada sepeda motor juga membutuhkan perawatan.

Standar tengah menjadi salah satu bagian komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menopang keseluruhan beban kendaraan secara seimbang dalam kondisi roda belakang terangkat.

Baca juga: Parkir Motor Berhari-hari, Jangan Gunakan Standar Samping

"Namun jika ada endapan kotoran dan cipratan air hujan dapat menyebabkan standar tengah bermasalah atau macet tidak bisa digunakan," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motorDok. DAM Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motor

Ade mengatakan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat standar tengah.

Pertama, disarankan untuk menggunakan standar tengah setiap hari. Kebiasaan ini akan menghilangkan adanya potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa standar tengah.

Baca juga: Efek Buruk Motor Sering Pakai Standar Samping Saat Parkir

"Sehingga dalam jangka panjang, main stand tersebut akan selalu berfungsi dengan baik dan meminimalisir mengalami kemacetan akibat adanya karat di antara shaft dengan Main stand," kata Ade.

Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.Ari Purnomo Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.

Kedua, lumasi shaft standar tengah secara berkala untuk mencegah timbulnya karat antara shaft dengan pipa standar tengah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bagian tersebut dapat terlumasi dengan baik.

"Posisikan sepeda motor pada side stand switch. Lumasi shaft main stand dari arah sebelah kanan. Pelumas bisa menggunakan cairan penetran atau chainlube yang mempunyai kadar pelumasan baik. Lakukan secara berkala setiap satu bulan atau sehabis dicuci ataupun sehabis melewati jalanan yang terkena air hujan dan banjir," ujar Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com