Cara Mudah Merawat Standar Tengah Supaya Awet

Kompas.com - 20/03/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motor Dok. DAMIlustrasi merawat standar tengah pada sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan posisinya yang berada di bawah motor, terkadang kita lupa bahwa standar ganda atau standar tengah pada sepeda motor juga membutuhkan perawatan.

Standar tengah menjadi salah satu bagian komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menopang keseluruhan beban kendaraan secara seimbang dalam kondisi roda belakang terangkat.

Baca juga: Parkir Motor Berhari-hari, Jangan Gunakan Standar Samping

"Namun jika ada endapan kotoran dan cipratan air hujan dapat menyebabkan standar tengah bermasalah atau macet tidak bisa digunakan," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motorDok. DAM Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motor

Ade mengatakan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat standar tengah.

Pertama, disarankan untuk menggunakan standar tengah setiap hari. Kebiasaan ini akan menghilangkan adanya potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa standar tengah.

Baca juga: Efek Buruk Motor Sering Pakai Standar Samping Saat Parkir

"Sehingga dalam jangka panjang, main stand tersebut akan selalu berfungsi dengan baik dan meminimalisir mengalami kemacetan akibat adanya karat di antara shaft dengan Main stand," kata Ade.

Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.Ari Purnomo Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.

Kedua, lumasi shaft standar tengah secara berkala untuk mencegah timbulnya karat antara shaft dengan pipa standar tengah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bagian tersebut dapat terlumasi dengan baik.

"Posisikan sepeda motor pada side stand switch. Lumasi shaft main stand dari arah sebelah kanan. Pelumas bisa menggunakan cairan penetran atau chainlube yang mempunyai kadar pelumasan baik. Lakukan secara berkala setiap satu bulan atau sehabis dicuci ataupun sehabis melewati jalanan yang terkena air hujan dan banjir," ujar Ade.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X