Kenali Tanda V-Belt pada Motor Matik Harus Diganti

Kompas.com - 18/03/2021, 13:01 WIB
V-Belt motor matik Foto: Honda DAMV-Belt motor matik

SOLO,KOMPAS.com - Van Belt atau V-belt merupakan salah satu komponen penting pada motor matik. Jika terjadi kerusakan, kemungkinan besar motor tidak bisa jalan walaupun mesin dalam keadaan menyala.

Fungsi dari V-belt sendiri adalah pengganti rantai, komponen ini berperan meneruskan putaran mesin ke roda belakang sehingga motor dapat berjalan.

Baca juga: Estimasi Harga Pajero Sport jika Dapat PPnBM 0 Persen

Ada beberpa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada V-belt. Bisa karena faktor umur V-belt yang sudah aus dan tidak lentur lagi, bisa juga karena penggunaan mesin yang berlebihan.

V-Belt motor matikFoto: Honda Cengkareng V-Belt motor matik

Yogi Pratomo, selaku mekanik dari bengekel AHASS Central Sakti Solo mengatakan, prosedur penggantian V-belt sudah ada dalam buku panduan pemilik kendaraan bermotor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Estimasi Harga Fortuner jika Dapat PPnBM 0 Persen, Diskon hingga Ratusan Juta Rupiah

"Di Honda, kami menyarankan untuk penggantian v-belt set maksimal di kilometer 24.000 dan kelipatannya," kata Yogi, saat ditemu redaksi Kompas.com beberapa hari yang lalu.

Yogi juga menjelaskan, sebenarnya ada tanda-tanda V-belt harus diganti. Pertama, Tarikan motor terasa kurang atau ngempos.

Hal ini disebabkan karena kerja dari V-belt tidak maksimal, sehingga tenaga dari mesin tidak optimal disalurkan ke roda belakang.

Baca juga: Honda C70 Diubah Jadi Motor Listrik, Semua Dibuat di Rumah

Ilustrasi servis ganti oli di Astra Motor.KOMPAS.com / FACHRI FACHRUDIN Ilustrasi servis ganti oli di Astra Motor.

Kedua, pada saat melakukan akselerasi akan terasa getaran yang mengindikasikan V-belt kehilangan daya cengkram. Hal in akan terasa seperti rantai lepas pada sepeda. Jika sudah terasa seperti ini, V-belt harus segera diganti.

Ketiga, jika dilihat secara langsung pada bagian dalam, V-belt yang sudah harus diganti biasanya sudah mulai retak. Jika hal ini dibiarkan, akan ada kemungkinan V-belt putus di tengah jalan dan motor tidak bisa berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.