Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda V-Belt pada Motor Matik Harus Diganti

Kompas.com - 18/03/2021, 13:01 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO,KOMPAS.com - Van Belt atau V-belt merupakan salah satu komponen penting pada motor matik. Jika terjadi kerusakan, kemungkinan besar motor tidak bisa jalan walaupun mesin dalam keadaan menyala.

Fungsi dari V-belt sendiri adalah pengganti rantai, komponen ini berperan meneruskan putaran mesin ke roda belakang sehingga motor dapat berjalan.

Baca juga: Estimasi Harga Pajero Sport jika Dapat PPnBM 0 Persen

Ada beberpa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada V-belt. Bisa karena faktor umur V-belt yang sudah aus dan tidak lentur lagi, bisa juga karena penggunaan mesin yang berlebihan.

V-Belt motor matikFoto: Honda Cengkareng V-Belt motor matik

Yogi Pratomo, selaku mekanik dari bengekel AHASS Central Sakti Solo mengatakan, prosedur penggantian V-belt sudah ada dalam buku panduan pemilik kendaraan bermotor.

Baca juga: Estimasi Harga Fortuner jika Dapat PPnBM 0 Persen, Diskon hingga Ratusan Juta Rupiah

"Di Honda, kami menyarankan untuk penggantian v-belt set maksimal di kilometer 24.000 dan kelipatannya," kata Yogi, saat ditemu redaksi Kompas.com beberapa hari yang lalu.

Yogi juga menjelaskan, sebenarnya ada tanda-tanda V-belt harus diganti. Pertama, Tarikan motor terasa kurang atau ngempos.

Hal ini disebabkan karena kerja dari V-belt tidak maksimal, sehingga tenaga dari mesin tidak optimal disalurkan ke roda belakang.

Baca juga: Honda C70 Diubah Jadi Motor Listrik, Semua Dibuat di Rumah

Ilustrasi servis ganti oli di Astra Motor.KOMPAS.com / FACHRI FACHRUDIN Ilustrasi servis ganti oli di Astra Motor.

Kedua, pada saat melakukan akselerasi akan terasa getaran yang mengindikasikan V-belt kehilangan daya cengkram. Hal in akan terasa seperti rantai lepas pada sepeda. Jika sudah terasa seperti ini, V-belt harus segera diganti.

Ketiga, jika dilihat secara langsung pada bagian dalam, V-belt yang sudah harus diganti biasanya sudah mulai retak. Jika hal ini dibiarkan, akan ada kemungkinan V-belt putus di tengah jalan dan motor tidak bisa berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com