Takaran Oli Samping yang Benar untuk Vespa Klasik

Kompas.com - 18/03/2021, 11:42 WIB
Vespa GS Vespa GS

SOLO, KOMPAS.com - Pemilik sepeda motor 2-tak tentu tidak asing lagi dengan oli samping, terutama Vespa. Pemilik Vespa klasik sebaiknya mengetahui takaran yang tepat untuk penggunaan oli samping.

Khusus untuk Vespa, biasanya motor klasik yang satu ini kompresi oli sampingnya tidak berfungsi lagi secara normal. Untuk itu, pengguna mensiasati dengan mencampurkan langsung oli samping ke bensin.

Baca juga: Estimasi Harga Fortuner jika Dapat PPnBM 0 Persen, Diskon hingga Ratusan Juta Rupiah

Dengan takaran oli samping yang tepat, mesin 2-tak akan lebih awet dan memiliki performa yang prima. Kebanyakan pengguna Vespa baru masih terpengaruh dengan teman-temannya untuk penggunaan oli samping.

Vespa Excel 150 Foto: Flicker Vespa Excel 150

Sedah Pambayun selaku pemilik bengkel Vespa Syandana Garage menjelaskan, takaran untuk oli samping sebenarnya sudah ada anjuran standar sendiri dari pihak Vespa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Modifikasi Helm Sampai Bikin Seperti Tabung Gas, Amankah?

"Takarannya 2,5 persen oli samping untuk satu liter bensin. Jadi untuk satu liter bensin, menggunakan campuran 25 ml," ucap pemilik bengkel Vespa di Solo itu, Rabu (17/03/2021).

Namun ada catatan tersendiri untuk seher baru, yakni takarannya harus ditambah. Penambahan ini berfungsi untuk menempatkan posisi seher agar sesuai. 

Baca juga: Estimasi Harga Pajero Sport jika Dapat PPnBM 0 Persen

Deretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jadul's Scooter Garage.Kompas.com/Donny Deretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jadul's Scooter Garage.

Untuk seher baru bisa ditambahkan menjadi 30 ml untuk ukuran satu liter bensin. Namun produsen oli samping ada juga yang memproduksi oli samping untuk seher baru. Pada dasarnya pemilihan oli samping disesuaikan dengan kondisi mesin. 

"Kalau dipakai untuk harian, oli mesin yang standar sudah cukup. Kalau saya menyarankan untuk memakai merek Agip, Evalube, kalau engga ya Mesran. Soalnya setiap vespa kadang beda untuk kecocokan olinya, bisa dilihat dari larinya," kata Sedah.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.