Rahasia Mercedes Benz OH 1626, Sasis Bus Paling Laku di Indonesia

Kompas.com - 09/03/2021, 15:41 WIB
Bus AKAP PO Haryanto PinterestBus AKAP PO Haryanto

JAKARTA, KOMPAS.comMercedes Benz merupakan salah satu pembuat sasis bus yang hadir di Indonesia sejak lama. Bahkan sasis Mercy ini menjadi andalan berbagai PO bus di Sumatera karena keandalannya.

Kemudian saat ini, salah satu line up sasis bus Mercy juga menjadi yang paling laku untuk tipe space frame, yaitu OH 1626. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Mercy OH 1626 terjual 126 unit selama tahun 2020.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, sasis OH 1626 menjadi yang paling laku karena menjadi sasis dengan space frame paling terjangkau.

Baca juga: Perang Harga Bus AKAP Kelas Eksekutif Solo-Jakarta, Mulai Rp 200.000

Bus AKAP PO Rosalia IndahInstagram/hisyam_2542 Bus AKAP PO Rosalia Indah

“Sasisnya dari karoseri sudah space frame, jadi enggak perlu modifikasi lagi untuk space frame dan air suspension,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sasis dengan space frame ini artinya, bus jadi memiliki bagasi yang tembus dari sisi kiri ke kanan. Dengan begitu, bagasi bisa jadi lebih lega karena tidak ada batang sasis seperti bus yang masih memakai sasis ladder frame.

Selain itu, PO bus saat ini juga kerap menggabungkan jasa pengiriman di busnya. Sehingga bagasi yang lega menjadi nilai tambah buat OH 1626. Selain itu juga berbagai karoseri membuat bodi khusus untuk sasis OH 1626.

Baca juga: Membahas Desain Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax

Misalnya seperti Tentrem yang membuat Avante H8, lalu Laksana dengan Legacy SR2 Transporter dan Jetbus 3+ MHD buatan Adiputro. Ketiga bodi ini bisa memuat satu unit motor di bagasi tanpa harus menggunakan bodi Super High Deck (SHD).

“Penunjang lainnya yakni mesin Mercy OM906 yang digunakan OH 1626 ini memiliki kapasitas oli yang lebih banyak, kurang lebih dua kali lipat dibanding pesaingnya. Dengan begitu, mesin jadi lebih tahan digeber jarak jauh,” kata Dimas.

Arti kode dari OH 1626 kalau dijabarkan, OH merupakan singkatan dari Omnibus Heckmotor yang artinya bus mesin belakang. Angka 16 merupakan Gross Vehicle Weight (GVW) sasis yaitu 16 ton dan 26 menunjukkan tenaga mesin yaitu 260 TK.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X