Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyetir Mobil Gaya Overland, Perhatikan Hal ini

Kompas.com - 03/03/2021, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi mobil bergaya overland memang sedang tren di Indonesia. Modifikasi ini biasanya dengan memasang aksesoris seperti menambah tenda yang ditempatkan di atas atap.

Modifikasi model ini juga dilakukan karena si pemilik kendaraan gemar melakukan piknik ke daerah terpencil. Sehingga tenda yang ada di atap tadi menjadi tempat istirahatnya ketika sampai di lokasi perkemahan.

Namun ketika mengemudikan mobil ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudinya. Menaruh tenda di atap serta barang-barang lainnya tentu bisa merubah karakter mobil standarnya.

Baca juga: Daftar Harga Bekas Xenia dan Avanza, Anjlok karena PPnBM 0 Persen?

Modifikasi gaya overlandDOK. LAKSANA MOTOR Modifikasi gaya overland

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, yang pertama harus diperhatikan yaitu pengemudi harus paham dengan adanya penambahan di atas atap kendaraannya.

“Sehingga, perhatikan obstacle di daerah atas seperti portal, ranting pohon dan juga kabel listrik. Kedua, penempatan tenda harus seimbang dan kuat, bersanggah di rangka kendaraan sehingga tidak selip,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (3/3/2021).

Ketiga, tidak sembarang kendaraan bisa dipasang tenda di atap ini. Sesuaikan dengan kemampuan suspensi agar kerjanya tidak berat dan menghindari limbung.

Baca juga: Dapat Insentif Pajak dan Diskon dari Diler, Harga Terios Mulai Rp 180 Jutaan

“Kalau kendaraan bukan double cabin atau SUV, memang sebaiknya pertimbangkan untuk memodifikasi suspensinya,” kata Sony.

Keempat, kecepatan kendaraan dan saat manuver harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Mengingat adanya tambahan beban di atap, mobil bisa lebih limbung ketika berada di jalan tol atau tikungan.

“Koefisien drag juga jadi lebih besar akibat adanya tenda camping tersebut. Jadi ada hambatan saat melaju dan saat terhempas crosswind,” ucapnya.

Terakhir, untuk membantu kendaraan lain melihat dimensi kendaraan yang bertambah, bisa pasang lampu tambahan di tenda tersebut. Dengan begitu, bisa terlihat kalau kendaraan tersebut sudah lebih tinggi dari standarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com