Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Mulai Ungkap Kecanggihan Fitur dan Mesin Rocky

Kompas.com - 24/02/2021, 18:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky jadi salah satu mobil baru yang dinantikan kehadirannya pada tahun ini. Meski belum meluncur, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) rupanya sudah mulai mengungkap kecanggihan fitur dan mesin punya Rocky.

Paling terkini, Daihatsu punya teknologi A.S.A (Advance Safety Asist), yang memungkinkan mobil untuk mendeteksi objek di sekitar, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Teknologi A.S.A ini meluncur sejak 2021, dan sudah digunakan di sejumlah model. Mulai dari Move, Tanto, Thor, Cast, Taft, dan yang paling baru Rocky.

Baca juga: Naik Bus Tingkat, Lebih Nyaman di Bawah atau Atas?

Fitur keselamatan pada Daihatsu TantoDok. ADM Fitur keselamatan pada Daihatsu Tanto

Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, teknologi A.S.A dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan.

Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi A.S.A. diperlengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

Namun yang harus jadi perhatian, teknologi keselamatan A.S.A. ini hanya memberikan bantuan dalam berkendara, dan bukan merupakan teknologi kemudi otomatis. Oleh sebab itu, pengemudi tetap harus memegang kendali penuh.

Baca juga: Nissan Livina Nihil Penjualan 4 Bulan Beruntun

Daihatsu Rocky memiliki fitur RCTA (Rear Cross Traffic Alert)daihatsu.co.jp Daihatsu Rocky memiliki fitur RCTA (Rear Cross Traffic Alert)

“Dengan adanya teknologi A.S.A. pada mobil Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan merasa tenang saat berkendara,” ucap Anjar, dalam keterangan resmi (24/2/2021).

Selain fitur canggih, Daihatsu juga mengungkap kecanggihan mesin turbocharger dengan kapasitas kecil. Tren dunia yang membutuhkan mesin kecil dan ramah lingkungan, membuat Daihatsu melakukan inovasi dengan melahirkan mesin tersebut.

Contohnya seperti mobil Daihatsu Tanto dengan mesin berkapasitas 660 cc, yang memiliki performa setara dengan mobil berkapasitas 1.000 cc.

Baca juga: Banyak Pengemudi yang Enggak Ngerti Arti Warna Rambu Lalu Lintas

Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.daihatsu.co.jp Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.

Komponen turbocharger mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin.

Induksi itu dilakukan untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk pembakaran.

Karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan dengan mesin turbo juga lebih ramah lingkungan.

Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 3 produk baru dalam 2 tahun terakhir yang mengaplikasikan teknologi turbocharger pada mobilnya, seperti New Tanto, dan Rocky pada 2019, dan New Taft pada 2020.

Baca juga: Viral, Video Cewek ABG Bonceng Tiga Ngebut hingga Masuk Selokan

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

Daihatsu mengklaim meskipun kapasitas mesin kecil, namun memiliki performa rata-rata hingga 30 persen dari kemampuan kapasitas mesin aslinya. Teknologi inilah yang juga bakal disematkan pada Rocky nantinya.

"Sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya. Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan," kata Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com