Salin Artikel

Daihatsu Mulai Ungkap Kecanggihan Fitur dan Mesin Rocky

JAKARTA, KOMPAS.com – Daihatsu Rocky jadi salah satu mobil baru yang dinantikan kehadirannya pada tahun ini. Meski belum meluncur, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) rupanya sudah mulai mengungkap kecanggihan fitur dan mesin punya Rocky.

Paling terkini, Daihatsu punya teknologi A.S.A (Advance Safety Asist), yang memungkinkan mobil untuk mendeteksi objek di sekitar, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Teknologi A.S.A ini meluncur sejak 2021, dan sudah digunakan di sejumlah model. Mulai dari Move, Tanto, Thor, Cast, Taft, dan yang paling baru Rocky.

Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, teknologi A.S.A dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan.

Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi A.S.A. diperlengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

Namun yang harus jadi perhatian, teknologi keselamatan A.S.A. ini hanya memberikan bantuan dalam berkendara, dan bukan merupakan teknologi kemudi otomatis. Oleh sebab itu, pengemudi tetap harus memegang kendali penuh.

“Dengan adanya teknologi A.S.A. pada mobil Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan merasa tenang saat berkendara,” ucap Anjar, dalam keterangan resmi (24/2/2021).

Selain fitur canggih, Daihatsu juga mengungkap kecanggihan mesin turbocharger dengan kapasitas kecil. Tren dunia yang membutuhkan mesin kecil dan ramah lingkungan, membuat Daihatsu melakukan inovasi dengan melahirkan mesin tersebut.

Contohnya seperti mobil Daihatsu Tanto dengan mesin berkapasitas 660 cc, yang memiliki performa setara dengan mobil berkapasitas 1.000 cc.

Komponen turbocharger mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin.

Induksi itu dilakukan untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk pembakaran.

Karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan dengan mesin turbo juga lebih ramah lingkungan.

Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 3 produk baru dalam 2 tahun terakhir yang mengaplikasikan teknologi turbocharger pada mobilnya, seperti New Tanto, dan Rocky pada 2019, dan New Taft pada 2020.

Daihatsu mengklaim meskipun kapasitas mesin kecil, namun memiliki performa rata-rata hingga 30 persen dari kemampuan kapasitas mesin aslinya. Teknologi inilah yang juga bakal disematkan pada Rocky nantinya.

"Sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya. Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan," kata Anjar.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/24/185100115/daihatsu-mulai-ungkap-kecanggihan-fitur-dan-mesin-rocky

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.