Nissan Livina Nihil Penjualan 4 Bulan Beruntun

Kompas.com - 24/02/2021, 08:22 WIB
Tes perdana All New Nissan Livina di Banda Aceh Kompas.com/Setyo AdiTes perdana All New Nissan Livina di Banda Aceh

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Indonesia sudah absen melakukan distribusi mobil keluarga andalannya, Livina, selama empat bulan berturut sejak kuartal IV/2020 atau Oktober tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales terakhir yang dilakukan Livina terjadi pada September 2020, sebesar 1.377 unit.

Adapun penjualan tertingginya terjadi di satu bulan sebelumnya dengan pencapaian sebanyak 6.338 unit. Selisih sangat jauh dari pesaing seperti Mitsubishi Xpander (1.461 unit) sampai Toyota Avanza (474 unit).

Baca juga: MPV Murah Januari 2021 Meredup, Penjualan Avanza Anjlok Livina Nol

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta

Dari informasi yang diperoleh redaksi, wholesales nihil yang terjadi selama 4 bulan terakhir berkaitan dengan perpindahan manajemen dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjadi PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI).

Proses perpindahan hak distribusi ini, menyangkut Grup Indomobil sebagai pemegang kendali baru Nissan di Indonesia, setelah sebelumnya dipegang langsung pihak Jepang. Proses ini juga termasuk PHK hampir seluruh karyawan NMI dan kemudian merekrut kembali lewat NMDI, dengan payung perusahaan berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikonfirmasi Kompas.com pada Selasa (23/2/2021), pihak NMDI tidak memberikan jawaban memuaskan. Tetapi, seluruh pencapaian pada tahun lalu sudah memuaskan.

"Pasar otomotif 2020 mengalami penurunan signifikan sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Tapi bagi kami, penjualan retail sales (RS) cukup memuaskan dengan ditopang All New Livina," ujar Head of Marketing-Communication NMID, Julian Olmon.

"Livina sejauh ini masih sesuai harapan. Namun maaf, sesuai kebijakan perusahaan kami tidak bisa share datanya ," lanjut dia.

Pada data asosiasi, tidak dijelaskan secara rinci pencapaian penjualan ritel tiap model kendaraan bermotor di Indonesia. Hanya terdapat total penjualan ritel per mereknya (Nissan 7.408 unit selama 2020).

Baca juga: Nissan Mau Jual Lebih Banyak Mobil Listrik di ASEAN

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta

Diketahui, saat ini Nissan tengah mengalami masa sulit usai terjeratnya mantan bos Carlos Ghosn dalam suatu kasus besar yang berdampak langsung pada keberlangsungan bisnis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X