Penjualan Suzuki Karimun Wagon R di Januari 2021 Anjlok

Kompas.com - 24/02/2021, 17:50 WIB
Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahun KOMPAS.com/RulySuzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahun

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Karimun Wagon R menjadi salah satu pilihan kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) yang ditawarkan di Indonesia. Namun jika dibandingkan, penjualan Karimun Wagon R menjadi yang paling sedikit di antara pesaingnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) Suzuki Karimun Wagon R menjadi yang paling bawah dengan hanya menjual 136 unit di bulan Januari 2021.

Sedangkan untuk para pesaingnya, seperti Daihatsu Sigra terjual 2.500 unit, Honda Brio Satya sebanyak 2.450 unit, Toyota Calya 2.325 unit, Agya 1.628 unit dan Daihtsu Ayla sebanyak 726 unit. Karimun Wagon R terlampau jauh di bawah.

Baca juga: Nissan Livina Nihil Penjualan 4 Bulan Beruntun

Suzuki Karimun Wagon R Special EditionSIS Suzuki Karimun Wagon R Special Edition

Lalu mengapa penjualan Karimun Wagon R bisa jauh di bawah produk LCGC lainnya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengatakan, ada beberapa hal yang bisa membuat Karimun Wagon R ini tidak banyak penjualannya.

“Pertama market LCGC ini ibaratnya tertekan, dalam artian salah satu concern di market ini bukan hanya produknya, tapi juga pricing-nya,” ucap Harold kepada Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Nissan Terra Tutup Usia di Indonesia

Dari segi pricing, Harold mengatakan kalau LCGC bersebelahan dengan city car. Oleh karena itu, market LCGC jadi tidak begitu berkembang. Selain itu, ada dua susunan kursi di kelas LCGC, dua baris dan tiga baris.

“Kalau kita lihat market di Indonesia lebih cenderung ke tiga baris daripada dua baris. Walau kita juga enggak bisa menolak kenyataan kalau market dua baris masih ada,” kata Harold.

Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018

Namun, Harold menjelaskan kalau pasar LCGC tetap tidak bisa ditinggalkan oleh Suzuki. Suzuki sendiri memberikan strategi push & pull untuk membuat Karimun Wagon R tetap eksis di pasaran.

“Satu yang penting yaitu mempertahankan product competitiveness kita yang ada di market, mulai dari strategi fitur maupun harga,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.