Kompas.com - 21/02/2021, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi membuat beberapa ruas jalan tergenang air. Untuk pengguna sepeda motor yang terpaksa harus menerobos mesti lebih hati-hati.

Seperti video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz Official, memperlihatkan pengguna motor yang jatuh ke selokan sampai terjungkal saat sedang menerjang banjir.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, untuk antisipasi berkendara di musim banjir saat ini memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Motor Parkir Kepanasan dan Kehujanan Bertahun-tahun

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

"Usahakan agar berjalan di bagian tengah jalan raya atau sisi paling kanan untuk menghindari lubang atau selokan di pinggiran jalan," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Berjalan di tengah bisa mengurangi risiko masuk selokan. Selain itu, bagian tengah jalan biasanya lebih tinggi ketimbang di pinggir.

"Biasanya, bagian jalan tersebut lebih aman dan lebih tinggi," kata Agus.

Agus mengatakan, jika tidak terpaksa lewat jalan banjir ada baiknya untuk mencari jalan alternatif. Jangan memaksakan lewat apabila belum paham situasi jalan tersebut.

Baca juga: Lesu, Pasar Mobil Bekas Mulai Kena Dampak Diskon Pajak

"Selalu jaga keseimbangan motor agar tetap stabil saat melalui jalan yang sedikit berlubang agar tidak terjatuh," ujar Agus.

Motor terabas banjirFoto: Motorplus-online Motor terabas banjir

Batas aman

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor ( AHM), mengatakan, jika terpaksa harus melintasi jalan yang tergenang banjir sebaiknya mengetahui ketinggian air.

Pastikan ketinggian air masih aman untuk dilewati atau tidak melebihi tinggi dari ujung knalpot sepeda motor.

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot sepeda motor masih aman melintas di lokasi yang banjir,” kata Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.