Jetbus 3+ UHD Bakal Punya Saingan dari Karoseri Tentrem

Kompas.com - 19/02/2021, 17:05 WIB
Bocoran Avante D1 Instagram/populace_republictransport_ltdBocoran Avante D1

JAKARTA, KOMPAS.comBodi bus Jetbus 3+ Ultra High Decker ( UHD) buatan Adiputro bisa dikatakan main sendiri di pasar pembuat bodi bus. Bodi UHD ini bisa dikatakan tingginya seperti bus tingkat, namun dek bawah hanya difungsikan sebagai bagasi.

Bus UHD ini juga dikenal sebagai Low Drive, alias kabin pengemudi ada di lantai bawah, sedangkan semua kursi penumpang di dek atas. Bodi bus ini pun hanya bisa dipasang ke sasis tronton atau triple axle.

Di awal tahun 2021 ini, ternyata Jetbus UHD tidak lagi bermain sendirian. Melihat dari gambar yang diunggah akun Populace Republic Transport di Instagram, karoseri Tentrem sedang menyiapkan bodi bus yang dinamai Avante D1.

Baca juga: Konsumen Mulai Tunda Pembelian Mobil Baru

 

Dari gambar yang tersebar di Instagram tadi, bisa dilihat tampilan dari bus dengan tinggi 4,08 meter ini. Secara tampilan, bagian depan dan belakang kurang lebih sama dengan Avante H Series maupun D2.

Kemudian dilihat dari samping, adanya kaca yang memanjang di bagian atas tanpa terputus membuat bus terkesan lebih bersih.

Lalu bagian bawah hanya ada pintu belakang yang ada di tengah serta pintu bagasi yang luas.

Baca juga: Terus Berinovasi, Fase Pertama IIMS Virtual Resmi Digelar

Dengan begitu, bus ini bisa memuat lebih banyak barang di ruang bagasi. Sama seperti model UHD, bodi Avante D1 ini hanya bisa dipasang ke sasis tronton atau triple axle seperti Mercedes Benz OH 2542, Scania K410iB dan Volvo B11R.

Selain Avante D1, Tentrem juga berencana untuk merilis bodi baru, yakni Avante H9 Priority. Model terbaru ini memiliki kabin dengan sleeper seat yang disusun bertingkat, membuat privasi antar penumpang lebih terjaga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X