Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jetbus 3+ UHD Bakal Punya Saingan dari Karoseri Tentrem

JAKARTA, KOMPAS.com – Bodi bus Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD) buatan Adiputro bisa dikatakan main sendiri di pasar pembuat bodi bus. Bodi UHD ini bisa dikatakan tingginya seperti bus tingkat, namun dek bawah hanya difungsikan sebagai bagasi.

Bus UHD ini juga dikenal sebagai Low Drive, alias kabin pengemudi ada di lantai bawah, sedangkan semua kursi penumpang di dek atas. Bodi bus ini pun hanya bisa dipasang ke sasis tronton atau triple axle.

Di awal tahun 2021 ini, ternyata Jetbus UHD tidak lagi bermain sendirian. Melihat dari gambar yang diunggah akun Populace Republic Transport di Instagram, karoseri Tentrem sedang menyiapkan bodi bus yang dinamai Avante D1.

Dari gambar yang tersebar di Instagram tadi, bisa dilihat tampilan dari bus dengan tinggi 4,08 meter ini. Secara tampilan, bagian depan dan belakang kurang lebih sama dengan Avante H Series maupun D2.

Kemudian dilihat dari samping, adanya kaca yang memanjang di bagian atas tanpa terputus membuat bus terkesan lebih bersih.

Lalu bagian bawah hanya ada pintu belakang yang ada di tengah serta pintu bagasi yang luas.

Dengan begitu, bus ini bisa memuat lebih banyak barang di ruang bagasi. Sama seperti model UHD, bodi Avante D1 ini hanya bisa dipasang ke sasis tronton atau triple axle seperti Mercedes Benz OH 2542, Scania K410iB dan Volvo B11R.

Selain Avante D1, Tentrem juga berencana untuk merilis bodi baru, yakni Avante H9 Priority. Model terbaru ini memiliki kabin dengan sleeper seat yang disusun bertingkat, membuat privasi antar penumpang lebih terjaga.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/19/170509115/jetbus-3-uhd-bakal-punya-saingan-dari-karoseri-tentrem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke