Kesalahan Pengguna Skutik, Rem dan Gas Bersamaan

Kompas.com - 09/02/2021, 15:01 WIB
Tips naik motor di musim hujan Foto: IstimewaTips naik motor di musim hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai skutik termasuk mudah, tinggal gas motor langsung meluncur. Tak heran mengapa saat ini skutik menguasai penjualan motor di Indonesia.

Meski relatif mudah, tak sedikit pemilik yang mengendarai motornya kurang tepat. Kebiasaan yang paling sering dilakukan, misalnya menarik gas bersamaan dengan tuas rem.

Baca juga: Jalan Tol Cipali Ambles Hingga Contraflow, Begini Etika Contraflow

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, menarik tuas rem sambil menahan gas bersamaan bakal berdampak pada CVT.

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

“Terutama bagian kampas kopling ganda yang akan cepat habis atau terbakar karena harus bergesekan dengan mangkoknya. Selain itu, dampak lain yang ditimbulkan adalah kampas rem akan cepat habis,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ribut mengatakan, pengecekan CVT biasanya dilakukan sekitar empat bulan pemakaian atau setelah 8.000 km.

Baca juga: Modifikasi Honda PCX 160, Perkuat Kesan Elegan

Namun, jika teknik berkendaranya tidak tepat seperti itu, yakni menarik gas sambil menekan rem, pengecekan harus dilakukan lebih awal.

Untuk itu, kata Ribu, berkendara sewajarnya. Jika ingin melaju, tarik gas secukupnya tanpa menarik tuas rem. Begitu pun sebaliknya saat mau berhenti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.