Mengapa Mobil Baru Pakai Oli Lebih Encer?

Kompas.com - 09/02/2021, 14:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi mesin ikut mempengaruhi teknologi oli. Saat ini mayoritas mobil baru memakai oli dengan tingkat kekentalan yang lebih encer.

Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, mengatakan, hal itu terjadi sebab mobil zaman sekarang memiliki celah atau kerenggangan komponen yang lebih rapat.

Baca juga: Ternyata Ada Oli Mobil Diesel yang Boleh Digunakan Mesin Bensin

"Kemajuan teknologi mampu menghasilkan pelumas dengan kekentalan makin rendah. Pelumas dengan viskositas kecil atau encer cocok digunakan mesin mobil rakitan sekarang yang memiliki komponen lebih banyak, celah antar komponen rapat, dan lubang saluran oli halus," kata Roni dalam keterangan resmi, Selasa (9/2/2021).

Bengkel PeugeotFoto: Peugeot Bengkel Peugeot

Roni mengatakan, karena encer, oli lebih cepat mengalir dan tidak banyak merintangi gerakan komponen mesin.

Beberapa contoh pelumas yang memiliki viskositas encer yaitu SAE 10W-30, 10W-40, 15W-30 dan 5W-30 yang kini jadian acuan varian terbaru mobil-mobil Peugeot.

Oli dengan SAE 5W-30 berarti memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin (Winter), dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat Celcius.

Baca juga: Seberapa Perlu Kuras Oli Transmisi Mobil Matik?

Roni mengatakan, pelumas di pasaran pun tersedia dalam dua jenis tingkat kekentalan, yaitu kekentalan tetap (single-grade) dan kekentalan dinamis (multi-grade).

“Untuk mengukur tingkat kekentalan pelumas otomotif digunakan standar SAE (Society of American Engineering). Tingkat kekentalan atau angka viskositas ini ditunjukkan dalam bentuk angka. Makin kecil angka, berarti makin encer pelumas,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.