Siapkan Motor Balap Baru, KTM Tunda Proyek Replika RC16

Kompas.com - 09/02/2021, 11:02 WIB
KTM RC16s KTM RC16s

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM sempat mengeluarkan wacana untuk membuat replika motor MotoGP miliknya, yakni RC16. Namun, rencana tersebut tampaknya ditunda dan beralih ke proyek baru.

Pada 2014 lalu, CEO KTM Stefan Pierer pernah mengatakan rencananya untuk membuat replika motor MotoGP seharga 120.000 euro atau sekitar Rp 2 miliar. Motor ini bukan street legal dan hanya bisa dipakai di sirkuit.

Baca juga: Repsol Honda Membajak Ratu Elektronik Andalan KTM

KTM juga menyebutkan bahwa replika RC16 tersebut akan dibekali mesin V4 1.000 cc dan memiliki tenaga sekitar 240 tk. Selain itu, kemungkinan akan disematkan katup pneumatik dan girboks seamless.

KTM RC16s KTM RC16s

Stefan mengatakan, dia ingin membuat setidaknya 100 unit dan menawarkan produk ini dengan harga yang sangat terjangkau. Dia ingin motor ini sedekat mungkin dengan motor MotoGP dari segi performa mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tentu saja tidak akan 270 tk, tapi sekitar 240 tk. Saya jelas ingin harga yang lebih murah untuk motor balap ini dari yang Honda tawarkan. Balapan yang terjangkau adalah filosofi kami," ujar Stefan, dikutip dari Speedweek.com.

Baca juga: Red Bull Cabut Sponsor, Tim Satelit KTM Ganti Nama

Honda memproduksi RC213V-S yang street legal dengan harga 192.000 euro atau sekitar Rp 3,2 miliar, termasuk paket pendongkrak performanya.

Rencana tersebut tampaknya tidak diteruskan. KTM disebutkan sedang membangun motor balap baru dengan mesin V-twin, 2 silinder, berkapasitas 890 cc.

Proyek motor balap terbaru KTMDok. Speedweek.com Proyek motor balap terbaru KTM

"Ini adalah produk berikutnya yang ingin kami bangun untuk trek balap dan dapat dibeli. Replika MotoGP untuk saat ini tidak memungkinkan bagi kami," kata Stefan.

Stefan menambahkan, jika ingin membuat motor balap dengan spesifikasi mirip motor MotoGP, biayanya sangat tinggi hingga orang tidak akan mau membelinya.

Tapi, jika motor tersebut berbeda jauh dari segi teknis, maka tidak masuk akal juga untuk disebut sebagai replika. Untuk itu, rencana membuat replika motor MotoGP dikesampingkan.

KTM 1190 RC8 RAsphalt and Rubber KTM 1190 RC8 R

Saat ini, KTM adalah satu-satunya pabrikan yang bersaing di MotoGP, tapi tidak memiliki motor supersport. Terakhir kali pabrikan asal Austria ini berjualan motor supersport adalah 2016 dengan RC8.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.