Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Repsol Honda Membajak Ratu Elektronik Andalan KTM

Kompas.com - 15/01/2021, 11:12 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Tim Repsol Honda dikabarkan membajak tim elektronik andalan KTM Jenny Anderson, untuk mengembangkan sistem elektronik Honda RC213V.

Kabar ini bermula dari Manuel Pecino di Pecinogp.com. Jenny yang merupakan insinyur dari Universitas Oxford, Inggris, akan merapat ke paddock Marc Marquez.

Baca juga: Marquez Belum Pulih, Honda Sudah Targetkan Triple Crown MotoGP 2021

Meski saat ini belum ada kepastian kapan Marc bakal kembali balapan. Hasil operasi ketiga menunjukkan perbaikan, tapi meski dilanjutkan dengan pengobatan antibiotik.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.JOSE JORDAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Di KTM Jenny bukan orang sembarangan. Dia terlibat pengembangan elektronik KTM RC16 sejak awal pabrikan Austria itu memutuskan terjun ke MotoGP pada 2017.

Di Honda Jenny akan menggantikan veteran Gerold Bucher, yaitu salah satu insinyur elektronik yang telah mengikuti Marc sejak dari Moto2.

Sekilas mengenai Jenny Anderson, sejak kecil selalu berhubungan dengan otomotif. Sang ayah yang memperkenalkannya dengan dunia gokart dan balap motor.

Baca juga: Jelang MotoGP 2021, Honda Hanya Bisa Memantau Kondisi Marc Marquez

KTM RC16s KTM RC16s

“Ketika saya sepuluh tahun saya mulai gokart dan mulai melakukan telemetri hampir sebagai hobi. Saya tidak pernah menyadari bahwa saya bisa mendapatkan pekerjaan seperti yang saya miliki sekarang," katanya.

Jenny kecil tidak hanya bermain gokart tapi juga menghitung data kecepatan gokart-nya sampai akhirnya kebiasaan. Kemampuan ini dia terus kembangkan sampai ke perguruan tinggi.

"Saya beralih dari memiliki sensor untuk mengukur rpm gokart saya menjadi melihat roda gigi dan menganalisis kecepatan di pintu keluar yang berbeda dari tikungan,“ katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com