Jangan Nekat atau Sembarangan Terjang Banjir, Banyak Risikonya

Kompas.com - 07/02/2021, 13:01 WIB
Banjir akibat jebolnya tanggul 2 sungai menggenangi jalan raya Jombang - Madiun, di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/2/2021). KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍBanjir akibat jebolnya tanggul 2 sungai menggenangi jalan raya Jombang - Madiun, di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/2/2021).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan dengan intensitas semakin tinggi.

Bahkan tidak jarang, derasnya guyuran hujan menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang, seperti yang terjadi di Jakarta, Semarang, Pekalongan, dan juga sejumlah wilayah lainnya.

Kondisi ini tentunya menjadi masalah tersendiri bagi pengendara kendaraan bermotor, tidak hanya roda dua tetapi juga roda empat.

Meski, mobil dianggap lebih aman dikendarai saat melintasi di bawah guyuran hujan atau pun menerjang genangan air, bukan berarti hal itu bisa dilakukan dengan sembarangan.

Baca juga: Membeli Kendaraan Bekas, Perlu Cek Status STNK?

Sigit Wahyu Anggoro, Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia, mengatakan saat mengemudikan mobil di musim hujan berbeda ketika kondisi cuaca cerah.

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan pengemudi agar perjalanan tetap aman, nyaman dan terhindar dari gangguan.

Yang pertama harus diperhatikan adalah tingkat kecepatan kendaraan saat melintas di jalan yang kondisinya basah atau di bawah guyuran hujan deras.

“Saat hujan sebaiknya kurangi kecepatan kendaraan, tujuannya adalah untuk mengurangi risiko tergelincir (selip) akibat jalan yang licin karena air hujan,” kata Sigit kepada Kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Jika kendaraan melaju di jalan yang menanjak, Sigit mengatakan, pengemudi harus menjaga putaran mesin agar tetap stabil.

Baca juga: Blokir STNK Bisa dari Rumah, Begini Caranya

“Saat melaju di jalan yang menanjak, jangan terlalu dalam menekan pedal gas untuk memelihara traksi roda tetap optimal,” ujarnya.

Aquaplaningwww.autobild.de Aquaplaning

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X