Hasil Tes Jarak Tempuh Motor Listrik United T1800, Efisienkah?

Kompas.com - 07/02/2021, 10:01 WIB
United T1800 Foto: KOMPAS.com/GilangUnited T1800
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Geliat motor listrik semakin ramai di Indonesia. Terbukti banyak merek baru bermunculan, salah satunya ialah skuter listrik United T1800.

Kompas.com mendapat kesempatan mencoba United T1800 selama beberapa hari. Merasakan kencan lebih dalam dengan motor listrik yang punya tampilan ala skutik maxi tersebut.

Spesifikasi United T1800 menggunakan dinamo 60V 1800W. Menghasilkan rated speed 620 rpm dan torsi 27 Nm. Daya tersebut disokong baterai Lithium ion berkapasitas 60V 28Ah.

Baca juga: Begini Rasanya Kencan dengan Motor Listrik United T1800

Klaimnya dalam baterai kondisi penuh motor dapat mencapai kecepatan 70 kpj, dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50- 60 kpj kondisi normal.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas.com kemudian berusaha mencari berapa jarak tempuh yang bisa diraih.

Hasilnya tes kecepatan tertinggi yang diraih ialah 60 kpj sudah pakai turbo. Adapun tes jarak tempuh yaitu sebesar 49,1 km.

Untuk diketahui test rider Kompas.com berbobot 80 kg, dan selama berkendara selalu menggunakan Mode 3 yakni mode yang paling tinggi.

Tes jalan dilakukan sewajarnya, tidak mengurut gas untuk mendapatkan jarak tempuh tertinggi. Bukaan gas dilakukan normal mengikuti kondisi jalan.

Tes yang dilakukan tidak sampai motor mogok kehabisan baterai, tetapi masih sedikit menyisakan daya. Artinya jarak tempuh 49,1 km masih bisa lebih jauh.

Motor listrik United T1800Foto: APHIT McKlein Motor listrik United T1800

Saat ganti baterai cadangan, indikator baterai di panel instrumen sudah nol tapi penunjuk di baterainya dengan indikator lampu biru masih menyisakan satu balok.

Baca juga: Jajal Fitur Melimpah Motor Listrik United T1800

Hal ini dilakukan sebab mengisi baterai dari kosong bisa cepat membuat baterai rusak. Konsepnya pada dasarnya tidak beda jauh dengan baterai telepon selular. 

Dalam buku panduan konsumen United T1800 bahkan disebutkan, sebaiknya mengisi daya setiap hari jika pemakaian menempuh jarak lebih dari 25 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.