Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Jarak Tempuh Motor Listrik United T1800, Efisienkah?

Kompas.com - 07/02/2021, 10:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Geliat motor listrik semakin ramai di Indonesia. Terbukti banyak merek baru bermunculan, salah satunya ialah skuter listrik United T1800.

Kompas.com mendapat kesempatan mencoba United T1800 selama beberapa hari. Merasakan kencan lebih dalam dengan motor listrik yang punya tampilan ala skutik maxi tersebut.

Spesifikasi United T1800 menggunakan dinamo 60V 1800W. Menghasilkan rated speed 620 rpm dan torsi 27 Nm. Daya tersebut disokong baterai Lithium ion berkapasitas 60V 28Ah.

Baca juga: Begini Rasanya Kencan dengan Motor Listrik United T1800

Klaimnya dalam baterai kondisi penuh motor dapat mencapai kecepatan 70 kpj, dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50- 60 kpj kondisi normal.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

Kompas.com kemudian berusaha mencari berapa jarak tempuh yang bisa diraih.

Hasilnya tes kecepatan tertinggi yang diraih ialah 60 kpj sudah pakai turbo. Adapun tes jarak tempuh yaitu sebesar 49,1 km.

Untuk diketahui test rider Kompas.com berbobot 80 kg, dan selama berkendara selalu menggunakan Mode 3 yakni mode yang paling tinggi.

Tes jalan dilakukan sewajarnya, tidak mengurut gas untuk mendapatkan jarak tempuh tertinggi. Bukaan gas dilakukan normal mengikuti kondisi jalan.

Tes yang dilakukan tidak sampai motor mogok kehabisan baterai, tetapi masih sedikit menyisakan daya. Artinya jarak tempuh 49,1 km masih bisa lebih jauh.

Motor listrik United T1800Foto: APHIT McKlein Motor listrik United T1800

Saat ganti baterai cadangan, indikator baterai di panel instrumen sudah nol tapi penunjuk di baterainya dengan indikator lampu biru masih menyisakan satu balok.

Baca juga: Jajal Fitur Melimpah Motor Listrik United T1800

Hal ini dilakukan sebab mengisi baterai dari kosong bisa cepat membuat baterai rusak. Konsepnya pada dasarnya tidak beda jauh dengan baterai telepon selular. 

Dalam buku panduan konsumen United T1800 bahkan disebutkan, sebaiknya mengisi daya setiap hari jika pemakaian menempuh jarak lebih dari 25 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com