Pengendara Motor Masuk Tol, Bisa Kena Denda Rp 500.000

Kompas.com - 06/02/2021, 13:56 WIB
Potongan video pengendara motor masuk jalan tol INSTAGRAM/WARUNG_JURNALISPotongan video pengendara motor masuk jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com – Kembali terjadi, pengendara motor yang masuk ke jalan tol. Berdasarkan video yang diunggah Warung Jurnalis di Instagram, tiga orang remaja tanpa mengenakan helm masuk jalan tol JORR.

Padahal mengendarai motor sangat berbahaya jika masuk ke jalan tol. Ada bahaya yang dapat dialami pengendara saat memasuki jalan tol dengan kecepatan mobil yang tinggi dan ukurannya yang besar.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, sepeda motor yang melintas di jalan tol dalam kondisi normal, apalagi cc motornya di bawah 150cc, maka akan berbahaya bagi si pengendara dan orang lain.

Baca juga: Honda Luncurkan All New PCX 160 dan PCX e:HEV, Mulai Rp 30 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena memang jalan tol bukan diperuntukkan bagi sepeda motor. Kondisi jalan tol berbeda dari jalan raya biasa, mulai dari batas minimal kecepatan dan kendaraan yang ada di jalan tol tersebut,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Agus mengatakan, ketika ada mobil besar dengan kecepatan tinggi melewati motor, pasti pengendara akan terasa didorong. Hal ini dikarenakan mobil tadi membelah angin, kalau pengendara motor tidak siap, bisa saja goyang dan terjatuh.

Baca juga: Volvo Rilis Bus Tingkat Terbaru dengan Tinggi 4 Meter

Sanksi

Pengendara motor yang masuk ke jalan tol dengan sengaja dapat dikenakan sanksi sesuai pasal 287 ayat 1 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Dalam Pasal tersebut tertulis, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan dengan rambu lalu lintas dapat dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Pihak operator jalan tol juga memiliki standar prosedur apabila ada pelanggaran seperti ini di wilayah kerjanya. Pengendara tersebut akan dikejar oleh petugas untuk kemudian digiring ke pintu keluar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.