Cara Mudah Memilih Jok Sepeda Motor

Kompas.com - 01/02/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi jok motor yang sudah dimodifikasi IstimewaIlustrasi jok motor yang sudah dimodifikasi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jok sepeda motor merupakan aspek penting yang menjadi salah satu penunjang kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. Terlebih, bila kendaraan tersebut digunakan sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kualitas komponen terkait. Jika tidak, pengendara akan merasa lebih cepat merasakan pegal dan panas, serta selip imbas permukaan jok yang licin.

"Saat ini ragam jok motor sudah banyak di pasaran dengan harga yang variatif. Supaya tidak salah pilih, usahakan memilih jok yang busanya bagus, tidak kempes saat ditekan," ujar Yansen Z Simarmata dari Accura Synthetic Leather kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Merawat Helm Pakai Pinlock ala NHK

Ilustrasi jok motor yang sudah dimodifikasiIstimewa Ilustrasi jok motor yang sudah dimodifikasi

"Lalu baiknya permukaan jok itu sedikit kasar di tangan," lanjut dia.

Permukaan jok yang kasar itu menandakan bahwa pembuatan jok dilakukan secara emboss, bukan printing. Sehingga permukaan menjadi sedikit timbul dan mengurangi efek selip (licin) ketika digunakan.

Selanjutnya, Yansen juga menyatakan bahwa dalam memilih jok motor yang berkualitas sebisa mungkin hindari produk yang dibuat menggunakan bahan dari jok mobil.

"Bahan jok mobil itu berbeda dengan jok motor, dimana tidak kuat dengan paparan panas matahari secara terus-menerus. Biasanya jok seperti ini lebih licin, cepat panas saat digunakan, serta durabitiltas yang cenderung lebih pendek," kata dia.

Baca juga: Mengenal Bushing, Komponen Kecil Penunjang Kenyamanan Kendaraan

Jok Motor Relaxseat Modification Foto: Istimewa Jok Motor Relaxseat Modification

Pada kesempatan terpisah, pemilik bengkel spesialis interior dan cover jok mobil Vertue Concept, Edy, tak menampik hal tersebut. Tapi jika bahan kulit yang digunakan baik maka sejatinya tidak ada masalah.

" Jok motor itu ada spesifikasi khusus untuk anti slip atau licin dan ketahanan di suhu tertentu. Jadi kalau pakai bahan jok mobil, rasanya akan sedikit berbeda dengan catatan, bahannya yang benar," ujar dia.

Adapun harga dari jok motor yang menggunakan bahan dari jok mobil cenderung lebih ekonomis. Di pasaran, banderolnya dimulai dari Rp 50 ribu sampai ratusan ribu. Sedangkan jok khusus motor dihargai mulai dari Rp 120 ribuan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X