Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Tahan Terjang Banjir?

Kompas.com - 26/01/2021, 09:12 WIB
Warga Tawarkan Jasa Panggul Hingga Perahu Penyebarangan Di Tengah Banjir KOMPAS.COM/JUNAEDIWarga Tawarkan Jasa Panggul Hingga Perahu Penyebarangan Di Tengah Banjir
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bermesin diesel memang dikenal mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan mobil bermesin bensin.

Mulai dari tenaga yang lebih mumpuni hingga tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga lebih hemat.

Selain dua keunggulan tersebut, tidak sedikit yang percaya bahwa kendaraan roda empat dengan mesin diesel juga lebih tahan ketika dikendarai di jalan yang tergenang air.

Salah satu alasannya, karena mobil diesel tidak menggunakan busi melainkan nozzle sehingga lebih aman jika terkena air.

Benarkah, mobil diesel lebih aman saat digunakan di jalan yang tergenang air?

Baca juga: Bisa atau Tidak SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, selama ini mobil bermesin diesel memang memiliki model yang tinggi besar, terlebih untuk tipe SUV.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia. Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia.

Dengan model tersebut, tidak sedikit yang kemudian beranggapan bahwa mobil berbahan bakar solar ini akan lebih kuat ketika digunakan untuk menerjang banjir, karena memiliki ground clearance tinggi.

“Selain itu, mesin diesel ini tidak lagi menggunakan busi dan koil sebagai pemantik di ruang bakar layaknya yang ada pada mobil bensin,” kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Tidak adanya dua komponen tersebut membuat mobil mesin diesel ini memang bisa dikatakan lebih tahan saat melibas banjir.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Wajib Saat Bayar Pajak Kendaraan

Meski begitu, bukan berarti mobil yang berbahan bakar solar ini bisa seenaknya diajak di kawasan banjir atau jalan yang tergenang air.

Sejumlah pengemudi mobil menerjang banjir yang melanda diwilayah Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2017). Akibat intensitas curah hujan tinggi dampak dari cuaca ekstrem Siklon Cempaka yang melanda kawasan pulau Jawa tersebut menyebabkan sejumlah titik wilayah Cawas dan Bayat, Kabupaten Klaten terendam banjir.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGRO Sejumlah pengemudi mobil menerjang banjir yang melanda diwilayah Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2017). Akibat intensitas curah hujan tinggi dampak dari cuaca ekstrem Siklon Cempaka yang melanda kawasan pulau Jawa tersebut menyebabkan sejumlah titik wilayah Cawas dan Bayat, Kabupaten Klaten terendam banjir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.