Reaksi Suzuki Indonesia soal Keputusan Produksi Jimny di India

Kompas.com - 22/01/2021, 08:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya Suzuki Indonesia memproduksi Jimny di pabrik Cikarang, akhirnya terjawab. Secara resmi, Suzuki Motor Corporation (SMC) telah menyatakan SUV legendarisnya akan dibuat oleh Maruti Suzuki India.

Hal tersebut dinyatakan SMC dalam keterangan resminya. Bahkan dijelaskan Jimny yang diproduksi Maruti memiliki spesifikasi yang sama dengan model ekspor dari Jepang.

"India adalah salah satu pusat produksi Suzuki yang paling signifikan untuk memproduksi unit ekspor. Dengan produksi Jimny di India, Suzuki akan berkerja sama mengembangkan ekonomi dan aktivitas sambil berkontribusi pada inisiatif "Make in India"," tulis pernyataan SMC yang disitat dari Suzuki Global, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Jimny Buatan India Mulai Diekspor, Apa Kabar Suzuki Indonesia?

Lalu bagimana respons Suzuki Indonesia menanggapi kabar tersebut, mengingat sejak 2019 lalu sudah gencar meminta lampu hijau ke pihak prinsipal untuk memproduksi Jimny di Tanah Air.

Maruti Suzuki resmi memulai ekspor perdana Jimny buatan India ke pasar Amerika LatinMaruti Suzuki India Limited (SMIL) Maruti Suzuki resmi memulai ekspor perdana Jimny buatan India ke pasar Amerika Latin

Menjawab hal itu, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, bila kabar tersebut memang benar. Namun demikian, bukan berarti Indonesia tak punya kesempatan memproduksi Jimny.

"Itu resmi keputusan pusat, jadi kami tidak bisa berkomentar. Pada intinya kami masih berharap bisa memproduksi Jimny di sini, artinya kami berharap karena memang masih ada kesempatannya," ujar Donny saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Suzuki Buatan Cikarang dan Tambun Laris Manis, Carry Pikap Terbanyak

Sayangnya, Donny enggan menceritakan lebih detail soal kesempatan yang dimaksud. Dia hanya memastikan bila Suzuki Indonesia sejauh ini masih terus berharap bisa melokalkan Jimny.

Bahkan ketika ditanya apakah nanti Jimny "Made in India" tersebut juga akan masuk dan dipasarkan untuk Indonesia, Donny menyampaikan sejauh ini masih mendatangkan unitnya dari Jepang.

Suzuki Jimny di IIMS 2019 Suzuki Jimny di IIMS 2019

"Kami masih ambil unit langsung dari Jepang. Jadi sampai sekarang ini pun belum ada wacana untuk ke sana (dari India)," kata Donny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.