Banyak yang Belum Tahu, Kenapa Starter Engkol Skutik di Sebelah Kiri?

Kompas.com - 25/01/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi kick starter skutik tvsscooty.comIlustrasi kick starter skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa produsen motor masih menyematkan kick starter alias starter engkol pada model skutik mereka. Berbeda dengan bebek atau motor sport yang berada di kanan, engkol skutik terletak di kiri belakang.

Tidak jarang pengendara skutik kesulitan jika ingin menyalakan motor menggunakan starter engkol. Karena harus memakai standar tengah dan letak engkolnya berada di bagian kiri.

Baca juga: Siap-siap, Penumpang Bus Wajib Dites Antigen Pakai GeNose          

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong Asep Suherman mengatakan, engkol skutik berada di sebelah kiri karena sistem penerus giginya berbeda dengan mesin bebek atau sport.

Ilustrasi kick starter pada skutikOtomania/Setyo Adi Ilustrasi kick starter pada skutik

“Starter kaki matik di kiri karena sistem penerus giginya berbeda, sedangkan untuk sistem kerjanya sama saja yaitu untuk memutarkan poros engkol (crankshaft),” ucap Herman saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.                  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bocor Penampakan Honda CR-V Facelift di Indonesia, Kapan Meluncur ?     

Kepala Mekanik AHASS DAM Wahyudin menambahkan, engkol yang berada di kanan karena letak sistem kolingnya ada di kanan, jadi pegangan untuk poros kickstarter disimpan di kanan supaya gaya aksial lebih mudah didapat. 

“Sedangkan untuk skutik, posisi kopling CVT-nya ada di sebelah kiri jadi kickstarter di simpan di kiri supaya lebih mudah,” kata Wahyudin.                



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X