Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Tahu, Kenapa Starter Engkol Skutik di Sebelah Kiri?

Kompas.com - 25/01/2021, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa produsen motor masih menyematkan kick starter alias starter engkol pada model skutik mereka. Berbeda dengan bebek atau motor sport yang berada di kanan, engkol skutik terletak di kiri belakang.

Tidak jarang pengendara skutik kesulitan jika ingin menyalakan motor menggunakan starter engkol. Karena harus memakai standar tengah dan letak engkolnya berada di bagian kiri.

Baca juga: Siap-siap, Penumpang Bus Wajib Dites Antigen Pakai GeNose          

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong Asep Suherman mengatakan, engkol skutik berada di sebelah kiri karena sistem penerus giginya berbeda dengan mesin bebek atau sport.

Ilustrasi kick starter pada skutikOtomania/Setyo Adi Ilustrasi kick starter pada skutik

“Starter kaki matik di kiri karena sistem penerus giginya berbeda, sedangkan untuk sistem kerjanya sama saja yaitu untuk memutarkan poros engkol (crankshaft),” ucap Herman saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.                  

Baca juga: Bocor Penampakan Honda CR-V Facelift di Indonesia, Kapan Meluncur ?     

Kepala Mekanik AHASS DAM Wahyudin menambahkan, engkol yang berada di kanan karena letak sistem kolingnya ada di kanan, jadi pegangan untuk poros kickstarter disimpan di kanan supaya gaya aksial lebih mudah didapat. 

“Sedangkan untuk skutik, posisi kopling CVT-nya ada di sebelah kiri jadi kickstarter di simpan di kiri supaya lebih mudah,” kata Wahyudin.                

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com