Truk Minuman Terguling di Tawangmangu, Kenapa Kendaraan Berat Rawan Rem Blong?

Kompas.com - 24/01/2021, 14:33 WIB
Truk muatan minuman isotonik mengalami kecelakaan tunggal di jalan tembus Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Jumat (22/1/2021). Tribun JatengTruk muatan minuman isotonik mengalami kecelakaan tunggal di jalan tembus Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Jumat (22/1/2021).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk bermuatan minuman isotonik terguling di jalan tembus Tawangmangu-Magetan, Karanganyar, Jumat (22/1/2021).

Kecelakaan ini disebabkan karena truk dengan nomor polisi B 9650 KEU mengalami rem blong sehingga sopir Baskoro (51) tidak bisa mengendalikan laju kendaraan hingga terguling.

Meski tidak ada korban jiwa, tetapi akibat kecelakaan tunggal tersebut, seluruh muatan truk tumpah dan berceceran di jalan raya.

Kejadian ini sempat viral di media sosial (medsos) lantaran tidak sedikit warga yang nekat mengambil minuman yang berceceran di jalan, meskipun kemudian beberapa di antaranya mengembalikannya lagi.

Baca juga: Bisa atau Tidak SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Kecelakaan kendaraan berat yang disebabkan karena rem blong ini sudah sering terjadi, bahkan tidak sedikit yang menimbulkan korban jiwa.

Truk bermuatan pakan ternak Istimewa Truk bermuatan pakan ternak

Mengapa kendaraan bertonase berat lebih sering mengalami rem gagal fungsi?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, bahwa sistem pengereman pada kendaraan dipengaruhi oleh beban atau muatan yang dibawa.

Semakin berat beban kendaraan tersebut, maka sistem pengereman juga akan bekerja lebih keras, begitu pula sebaliknya.

“Beban kendaraan ini mempengaruhi kinerja sistem pengereman, selain dari segi perawatan. Beban yang melebihi batas standar juga bisa menjadi salah satu penyebab kendaraan mengalami rem blong,” ujar Didi kepada Kompas.com, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Wajib Saat Bayar Pajak Kendaraan

Didi menambahkan, selama ini yang sering terjadi adalah kendaraan yang mengalami rem blong disebabkan oleh beban yang dibawa terlalu berat.

Ilustrasi kecelakaan bus.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kecelakaan bus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X