Perbedaan Coating dan Paint Protection Film, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 13/01/2021, 14:41 WIB
Ilustrasi Coating Mobil KOMPAS.com / Aditya MaulanaIlustrasi Coating Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Melindungi cat mobil kesayangan dalam waktu panjang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu coating dan paint protection film (PPF). Keduanya mampu melindungi cat dan kilap mobil menggunakan bahan dan teknik yang berbeda.

CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian mengatakan, secara biaya PPF memang lebih mahal dibandingkan coating, faktor utamanya karena sampai saat ini masih minim tenaga ahli yang bisa mengaplikasikan PPF dengan baik dan benar.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Belum Terimbas PSBB Ketat

Selain karena harga, PPF masih memiliki beberapa kelemahan dibandingkan coating. Salah satunya saat mobil bersenggolan dan membuat lapisan film terkelupas, otomatis pemilik mobil harus mengganti lapisan film tersebut satu panel.

“Sebenarnya antara coating dan PPF punya kelebihan dan kekurangan. PPF memang melindungi karena ada lapisan fisik, tapi saat lapisan film terkelupas, pemilik mobil mau tidak mau harus mengganti lapisannya satu panel, sementara bila coating itu bisa dilakukan per titik saja,” ucap Christopher saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/1/2021).

V-Kool PPF V-Kool PPF

Dari efisensi, Christopher mengatakan bahan kimia untuk coating saat ini juga memiliki durabilitas yang cukup lama, yakni tiga sampai lima tahun diiringi perawatan.

Meski lapisan PPF sebelumnya diklaim bisa bertahan sampai 10 tahun, namun tidak jaminan bila kelir mobil akan tetap kinclong seiring masa penggunaan mobil itu sendiri,

Apalagi PPF tidak memiliki sifat efek daun talas, yang memungkinkan jamur tumbuh karena itu terlalu lama mengering pada permukaan bodi.

Baca juga: DFSK Glory 580 Sukses Eksplorasi Sumatera

Meski demikian, Christopher mengakui secara fungsi, antara PPF dan coating memiliki kegunaan yang berbeda.

PPF untuk melindungi cat dengan lapisan film, sedangkan coating untuk mengembalikan warna mobil yang kusam menjadi seperti baru dan menjaganya dalam waktu yang cukup lama.

“PPF memberikan proteksi pada cat, kalau coating bersifat mengubah penampilan warna cat seperti baru lagi. Bila konsumen ingin maksimal, keduanya lebih bagus digabungkan, jadi setelah mobil di coating baru di PPF,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X