Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Sepang Dipastikan Batal Gelar Sesi Tes Pra-Musim

Kompas.com - 13/01/2021, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Situasi pandemi yang tak kunjung selesai membuat banyak hal jadi terbatasi. Untuk itu, langkah bijak diambil untuk meniadakan sesi tes pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dikutip dari Speedweek.com, shakedown test yang rencananya digelar pada 14-16 Februari di Sepang resmi dibatakan FIM, IRTA, dan Dorna Sports. Termasuk sesi tes pra-musim yang dijadwalkan pada 19-21 Februari.

Baca juga: Tes Pramusim MotoGP Sepang Terancam Batal, Dorna Siapkan Alternatif

Dengan dibatalkannya Malaysia sebagai tuan rumah pada dua sesi tes pra-musim, maka Sirkuit Portimao (Portugal) dan Sirkuit Jerez (Spanyol) memiliki kemungkinan untuk menggelar sesi tes tersebut.

Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.AFP/MOHD RASFAN Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.

Tapi, dengan kondisi cuaca di Jerez yang saat ini masih termasuk musim dingin, kemungkinan besar Sirkuit Portimao yang akan digunakan.

Sirkuit Losail, Qatar, juga rencananya akan digunakan sebagai tempat menggelar sesi tes pra-musim pada 10-12 Maret. Hingga kini, belum ada kepastian apakah akan lanjut atau dibatalkan seperti musim lalu.

Baca juga: Sesi Tes Pra-Musim 2021 di Sirkuit Sepang Masih Diragukan

Kabarnya, Petronas Yamaha Sepang Racing Team juga akan melakukan peluncuran tim bersama kedua pebalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli, pada sesi tes tersebut. Nampaknya, tim satelit Yamaha ini harus mencari tanggal baru untuk peluncuran tim.

Meskipun pengembangan mesin dibekukan karena pandemi, tapi shakedown test dan sesi tes pra-musim memiliki fungsi yang cukup krusial. Sebab, dengan sesi tes tersebut setiap tim bisa lebih siap dan matang untuk balapan di musim yang akan dijalani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com