Mitos Atau Fakta, Semakin Gelap Kaca Film Kabin Mobil Makin Adem?

Kompas.com - 13/01/2021, 13:21 WIB
Kaca film khusus untuk Mitsubishi Expander disiapkan Makko Group dengan paket harga khusus. Makko GroupKaca film khusus untuk Mitsubishi Expander disiapkan Makko Group dengan paket harga khusus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini kaca film seolah menjadi aksesori wajib bagi mereka yang membeli mobil baru.

Fungsi kaca film selain memberikan ruang privasi di dalam mobil tapi juga dipercaya mampu meredam sinar matahari yang masuk dan membuat area kabin lebih adem.

Namun acapkali, orang-orang beranggapan bahwa memasang kaca film yang semakin gelap akan membuat mobil semakin adem.

Mereka meyakini semakin gelap kaca film bisa memberikan penangkal panas yang lebih baik.

Baca juga: Bisakah 2 Fitur Baru All New Honda CBR150R Dipakai di Model Lama?

Menanggapi hal tersebut, CEO Masterpiece Window Film Christopher mengatakan, paradigma bahwa kaca film semakin gelap bisa membuat kabin mobil semakin adem itu adalah mitos kuno yang salah.

Kemampuan kaca film untuk menolak panas bukan ditentukan oleh gelap terangnya kaca film tapi ditentukan oleh spek bahan kaca film.

Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.theclippingpoint Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.

“Contoh untuk kaca film yang berbahan dyed film pasti tidak dapat membuat kabin adem karena kaca film tersebut fungsinya hanya untuk gelap saja secara visibilitas, dan tidak ada kemampuan untuk menolak panas sinar matahari,” ujar Christopher saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Mobil Habis Mandi Hujan, Jangan Malah Dicuekin!

Menurut Christopher, bahan kaca film yang mampu menolak panas salah satu nya adalah kaca film berbahan sputtered film.

Kaca film bahan tersebut mempunyai tipe yang clear atau bening, tapi mampu menolak sinar ultraviolet dan infared sampai 99 persen, otomatis hal ini dapat membuat kabin adem,” katanya.

Sebab yang utamanya adalah kandungannya, maka sering juga ada kaca film yang terlihat terang atau bahkan bening, namun di dalam kabin tetap adem. Hal ini karena kualitas material yang digunakan pada kandungannya sangat baik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X