Ingat, Tambal Ban Truk Tubeless Model Tancap Hanya Sementara

Kompas.com - 06/01/2021, 11:22 WIB
tambal ban tubeless Kompas.com/Fathan Radityasanitambal ban tubeless

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban pada truk merupakan komponen yang penting dalam operasional sehari-hari. Namun ada kalanya ketika sedang digunakan, ban mengalami bocor dan harus ditambal segera.

Untuk ban truk tubeless, biasanya ditambal dengan model string atau biasa disebut cacing atau tancap. Model tambalan ini memang paling sering ditemui di tukang tambal ban pinggir jalan.

Namun, apakah metode ini aman jika digunakan pada ban truk?

Country Manager Indonesia & Philippines Tech International (SE Asia) Limited Unggul Kusumanto mengatakan, ban truk tubeless boleh saja ditambal dengan model string, tapi hanya untuk sementara.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan yang Menewaskan Eks Personel Trio Macan

tambal ban payungKompas.com/Fathan Radityasani tambal ban payung

“Tambal model ini cuma saat darurat saja, untuk selanjutnya pakai tambalan yang permanen,” ucap Unggul kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Jadi jika ban bocor di jalan, tambalan model string ini bisa dipakai sampai ke garasi. Ketika sudah di garasi, tambalan sementara ini diganti. Unggul mengatakan, model string ini tidak bisa menutup lubang pada ban dengan sempurna.

“Karena tidak tertutup sempurna, air atau kotoran masih bisa masuk ke dalam ban. Sehingga menyebabkan ban rusak. Selain itu tambalannya bisa copot lagi karena tekanan udara di dalam ban truk yang besar,” kata Unggul.

Baca juga: Cerita Wagub Jabar Pakai Kijang Doyok, Kerap Diusir Saat Parkir VIP

Unggul menjelaskan, tambal ban yang permanen melewati proses yang panjang. Pertama ban harus dilepas dari pelek, lalu dibersihkan area yang terluka dengan rubber cleaner. Setelah itu di-buffing dan dibuka area ban yang luka.

“Setelah itu ditambahkan karet mentah dan diberi patch. Setelah itu area yang diperbaiki tadi dipanaskan dan diberi tekanan agar karet mentahnya menjadi padat dan menyatu dengan bannya,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X