Ulik Desain Agresif SUV Murah Korea, Kia Sonet

Kompas.com - 06/01/2021, 08:42 WIB
Test Drive Kia Sonet Premiere iVT KOMPAS.COM/STANLY RAVELTest Drive Kia Sonet Premiere iVT
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan pasar compact sport utility vehicle ( SUV), PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang merek Kia di Tanah Air, resmi merilis Kia Sonet pada November 2020 lalu.

Tampilan desain adik dari Kia Seltos tersebut, mampu memberikan sensasi yang baru. Bisa dibilang, rasa agresif tercermin pada desain SUV murah Korea Selatan ini bila dibandingkan dengan para rival yang bermain di segmen SUV murah.

Karakter sebuah SUV sudah langsung terlihat dari tongkrongan depan. Mulai dari kap mesin dengan guratan tebal yang lebar, gril honyecomb yang mengusung bahas desain Tiger Nose, hingga kehadiran underguard.

Baca juga: Nissan Magnite Hadir, Suzuki XL7 dan MG Kerek Harga Awal 2021

Test Drive Kia Sonet Premiere iVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Kia Sonet Premiere iVT

Menariknya lagi, secara dimensi Sonet terlihat lebih ringkas dengan panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.615 mm, dan ground clearance 205 mm. Hal ini yang secara tak langsung memberikan kesan agresif pada visual Sonet.

Selain kokoh, kesan modern juga turut disematkan melalui headlamp yang berbentuk pipih dengan pencahayaan LED serta DRL. Setelah itu, dipermanis dengan aksen krom pada bagian bumper serta rumah fog lamp.

Masuk ke area samping, sekilas terlihat minimalis lantaran tak ada guratan yang menonjol, namun hal tersebut justru menegaskan dimensi compact-nya. Sementara kesan mewah, diwakili dari desain pelek 16 inci.

Dari seluruh sajian desain Kia Sonet, paling unik untuk diperhatikan adalah struktur pada pilar C. Bentuknya dibuat berbeda dari kebayakan SUV lain dengan tarikan ke atas yang seakan membuatnya terlihat besar.

Test Drive Kia Sonet Premiere iVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Kia Sonet Premiere iVT

Sementara bagian belakang, konsepnya dibuat ringkas dan minimalis yang didukung dengan lampu LED horizontal di bagian tengah layaknya list yang memanjang. Sebagi pelengkap, tak lupa ada roof rail pada bagian atap.

Baca juga: [VIDEO] Jajal KIA Sonet 1.5 iVT Premier ke Luar Kota

Kia resmi memasarkan Sonet mulai dari Rp 193 juta hingga Rp 289 juta untuk varian tertinggi seperti yang redaksi uji, yakni Premiere iVT.

Test Drive Kia Sonet Premiere iVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Kia Sonet Premiere iVT

Meski bermain di segmen SUV murah, namun bila bicara dari segi rival, paling sepadan Sonet berhadapan dengan Honda HR-V 1.5L dan Nissan Magnite yang sama-sama mengusung konfigurasi lima penumpang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X