Toyota Siapkan Hypercar Bermesin Hybrid, Power Tembus 670 Tk

Kompas.com - 06/01/2021, 09:02 WIB
Sebuah hypercar yang disinyalir bakal bernama Toyota GR 010. FOTO: TOYOTASebuah hypercar yang disinyalir bakal bernama Toyota GR 010.

JAKARTA, KOMPAS.comToyota jadi pabrikan yang serius menggarap kendaraan elektrifikasi sejak tahun 1990-an. Kini berselang dua dekade, Toyota tengah bersiap menghadirkan mobil hybrid kencang untuk mengikuti ajang Le Mans 24 Hours.

Dilansir dari Carscoops, pabrikan asal Jepang ini telah lebih dari dua tahun menyiapkan mobil hypercar yang dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing.

Meski disiapkan khusus untuk lintasan balap, menariknya mobil ini bakal punya versi produksi masal yang legal di jalan.

Baca juga: Cerita 5 Tahun Pakai Mobil Listrik, Ngecas Gampang tapi Takut Air

Pasalnya syarat homologasi kelas hypercar baru balap FIA, mewajibkan mobil ini bisa ikut balapan dan punya versi produksi massal minimal 20 unit. Artinya, kemungkinan besar hypercar hibrida ini bisa dimiliki kolektor dunia, karena jumlahnya terbatas.

Toyota belum mengungkap secara resmi perihal spek teknisnya. Namun, dari teaser di Twitter, diklaim mobil ini memiliki tenaga sebesar 670 tk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tenaga tersebut datang dari dapur pacu berkapasitas 2.400 cc dengan konfigurasi V6 twin turbo dan 3 motor listrik.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan yang Menewaskan Eks Personel Trio Macan

Sebuah mobil yang disinyalir bernama Toyota GR 010FOTO: TOYOTA Sebuah mobil yang disinyalir bernama Toyota GR 010

Powertrain dikonfirmasi sebagai konfigurasi hybrid berpenggerak empat roda. Mobil ini juga cukup ringan dengan bobot hanya 1.030 kg.

Mobil ini diperkirakan akan memiliki harga lebih dari 1 juta dolar AS atau lebih dari Rp 13 miliar, dan akan meluncur pada 15 Januari 2021.

Jelang peluncurannya, Toyota belum mau mengungkap perihal nama hypercar tersebut. Namun rumornya, mobil ini akan bernama GR 010.

Baca juga: Ingat, Mulai Tahun Ini Mobil Baru Wajib Dilengkapi APAR

Toyota GR Supra di GIIAS 2019 Toyota GR Supra di GIIAS 2019

Sebelumnya, Toyota Gazoo Racing ikut turun tangan dalam memproduksi beberapa mobil dengan spesifikasi balap khusus untuk jalan raya.

Mulai dari GR Supra, kemudian GR Yaris yang sudah meluncur di Thailand dan Malaysia, hingga rencananya GR Corolla pada masa mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.