Hindari Cekcok Mulut, Lakukan Ini Saat Terlibat Kecelakaan di Jalan

Kompas.com - 02/01/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi kecelakaan SHUTTERSTOCKIlustrasi kecelakaan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan lalu lintas sering kali membuat pengendara kendaraan baik roda dua maupun roda empat menjadi tidak sabar saat berkendara.

Dalam kondisi ini, tidak sedikit yang mengemudikan kendaraan dengan serampangan hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Kecelakaan yang terjadi tidak jarang memunculkan perdebatan atau cekcok mulut antara pengendara karena merasa yang paling benar.

Bahkan tidak jarang pengendara yang terlibat kecelakaan sampai baku hantam di jalan raya hingga menyebabkan situasi semakin tidak kondusif.

Baca juga: Alternatif Bayar Pajak Kendaraan Bagi Warga DKI Selain di Samsat Induk

Pengamat masalah transportasi Budiyanto mengatakan, perdebatan ataupun cekcok mulut ketika terlibat kecelakaan merupakan hal yang kontra produktif.

Ilustrasi perkelahian di jalanIstimewa Ilustrasi perkelahian di jalan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, sebaiknya pengemudi yang terlibat kecelakaan menghindari perdebatan yang kontraproduktif dan merasa dirinya paling benar.

“Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak terduga dan tidak disengaja. Kecelakaan bisa disebabkan karena manusia, kendaraan, jalan atau pun lingkungan, sebaiknya yang terlibat kecelakaan menghindari perdebatan,” kata Budiyanto kepada Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

Mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya itu menambahkan, setiap kejadian kecelakaan lalu lintas akan diproses oleh penyidik yang mengemban fungsi lalu lintas.

Baca juga: Ini Syarat dan Alur Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan

Sehingga, diharapkan setiap orang yang terlibat kecelakaan lalu lintas untuk menghindari kegiatan- kegiatan yang tidak perlu seperti cekcok mulut, perdebatan dan mengklaim dirinya yang benar.

Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Veria, Yunani pada 5 Oktober 2014Ververidis Vasilis/Shutterstock Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Veria, Yunani pada 5 Oktober 2014

“Serahkan penanganan kecelakaan lalu lintas kepada penyidik kepolisian yang membidangi atau mengemban fungsi lalu lintas dan angkutan Jalan,” kata Budiyanto.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.