Material Ringan tapi Kuat yang Digunakan Motor Balap MotoGP

Kompas.com - 01/01/2021, 14:01 WIB
Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Portugal. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) PATRICIA DE MELO MOREIRAValentino Rossi saat berlaga di MotoGP Portugal. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP diciptakan dengan teknologi canggih. Motor ini mampu melaju hingga tembus lebih dari 300 kilometer per jam. Untuk bisa mencapai kecepatan tinggi, tentu material yang digunakan untuk membangun motor ini juga harus mendukung.

Dikutip dari Boxrepsol.com, ada beberapa material yang digunakan pada motor balap MotoGP yang ringan, tapi juga kuat. Material tersebut antara lain aluminium, carbon fiber, mangnesium, dan titanium.

Baca juga: Data dan Angka MotoGP 2020

1. Magnesium

Magnesium termasuk material logam yang banyak digunakan di alat-alat yang bisa dijumpai sehari-hari, sama seperti aluminium.

Magnesium merupakan unsur paling melimpah kedelapan di Bumi. Jarang terjadi secara alami dalam bentuk logamnya. Butuh proses kimia, terutama elektrolisis, untuk mendapatkan logam ini.

Alex Marquez saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Alex Marquez saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Magnesium memiliki kepadatan yang lebih rendah dari aluminium, hanya 1,73 g/cm3. Selain itu logam ini memiliki titik leleh 650 derajat Celcius, yang terendah dari semua logam alkali tanah.

Penggunaan magnesium pada motor MotoGP bisa ditemukan di beberapa bagian mesin. Tapi, penggunaannya yang paling umum dan mencolok secara visual, terdapat di pelek.

Perbedaan berat antara set pelek yang diproduksi dengan aluminium dan magnesium cor sangat signifikan, beratnya sepasang hanya 7,4 kg, hampir setengah dari berat pelek die-cast aluminium.

Baca juga: Daftar Nomor Start yang Tidak Bisa Digunakan di MotoGP dan Moto2

2. Titanium

Seperti halnya elemen lain, titanium tidak terbentuk secara alami dan diperoleh melalui pemurnian, seperti yang ditemukan di endapan mineral lain.

Merakit motor balap MotoGPBoxRepsol Merakit motor balap MotoGP

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X