Alternatif Bayar Pajak Kendaraan Bagi Warga DKI Selain di Samsat Induk

Kompas.com - 29/12/2020, 11:42 WIB
Para wajib pajak memadati kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak kendaraanbermotor (PKB), Jumat (14/12/2018). Penghapusan denda untuk pajak kendaraan yang tertunggak akan berakhir besok. KOMPAS.com/Ryana AryaditaPara wajib pajak memadati kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak kendaraanbermotor (PKB), Jumat (14/12/2018). Penghapusan denda untuk pajak kendaraan yang tertunggak akan berakhir besok.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) tidak selalu harus datang ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) induk.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, di mana sebaiknya mengurangi kegiatan di luar rumah dan menghindari kerumunan massa.

Bagi warga Jakarta, ada beberapa alternatif membayar pajak yang bisa dilakukan tanpa harus ke kantor Samsat induk.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Saat Liburan Akhir Tahun Bisa Secara Online

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (paling depan) berbincang dengan petugas Samsat Keliling di Pekanbaru, Rabu (7/9/2016). Salah satu tujuan kedatangan Asman ke Riau, adalah memberikan pertimbangan terhadap kesiapan Polda Riau naik kelas menjadi tipe A.  SAH Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (paling depan) berbincang dengan petugas Samsat Keliling di Pekanbaru, Rabu (7/9/2016). Salah satu tujuan kedatangan Asman ke Riau, adalah memberikan pertimbangan terhadap kesiapan Polda Riau naik kelas menjadi tipe A.

1. Samsat keliling

Cara membayar pajak yang pertama selain di kantor Samsat induk yakni membayar di Samsat keliling (Samling).

Keberadaan Samling saat pandemi Covid-19 memang cukup membantu bagi masyarakat, karena tidak perlu masuk di kantor Samsat induk.

Selain itu, juga untuk mencegah adanya kerumunan saat mengantre di kantor Samsat induk.
Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya mengatakan, Samling tetap dioperasionalkan selama pandemi Covid-19.

Hanya saja untuk lokasinya memang terbatas, dan untuk saat ini Samling hanya ada di kawasan kantor Samsat induk.

Baca juga: Mengapa Beban Pajak Kendaraan Bisa Berubah Setiap Tahun?

“Pelayanan di Samling untuk mengurangi antrean wajib pajak di kantor Samsat induk, tapi untuk lokasinya hanya ada di area parkir Samsat induk,” kata Martinus kepada Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Seperti di halaman parkir kantor Samsat pusat di Jakarta Pusat, Jakarta Utara ada di halaman parkir Samsat Utara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X