Mitos atau Fakta, Refrigeran AC Mobil Perlu Diganti Secara Berkala?

Kompas.com - 01/01/2021, 18:41 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap mobil dibekali dengan sistem penyejuk udara atau air conditioner ( AC). Salah satu komponen penting yang dapat menghasilkan udara dingin adalah cairan refrigeran.

Hampir semua cairan yang ada di mobil perlu diganti secara berkala. Lalu, bagaimana dengan refrigeran?

Baca juga: Pahami Fungsi Evaporator AC Mobil Hingga Penyebab Kerusakan

Didi Ahadi, Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan, refrigeran pada AC mobil tidak perlu diganti secara berkala. Sebab, gas ini dapat bertahan lama. Namun, AC tidak akan mengeluarkan hawa dingin secara optimal jika refrigeran berkurang atau habis.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

" Refrigeran tidak perlu diganti secara berkala. Kecuali jika ada kebocoran, maka perlu ditambahkan atau diisi ulang," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Imam Suyudi, bocornya refrigeran dapat terjadi karena instalasi yang tidak benar.

"Kebocoran bisa juga terjadi karena adanya benturan pada condensor," kata Imam.

Baca juga: Pahami Cara Kerja Kompresor AC Mobil Hingga Perawatannya

Selain itu, bisa juga karena usia mobil yang sudah tua. Kondisi ini dapat terjadi karena lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa sudah merenggang.

Refrigeran akan berkurang jika ada kebocoran pada sistem AC. Untuk itu, ada baiknya untuk menemukan dulu dan perbaiki kebocorannya sebelum menambahkan refrigeran kembali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X