Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Toyo Motors, Merek Motor Milik Toyota

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikenal sebagai raksasa produsen mobil asal Jepang. Jaringannya menjangkau seluruh dunia dan produknya laris manis di Indonesia.

Meski demikian ada satu hal yang jarang dibicarakan yaitu Toyota sebetulnya pernah menjual sepeda motor. Kejadiannya berlangsung sudah lama yaitu dari tahun 1949-1960.

Diberitakan Rideapart, motor tersebut bermerek Toyo Motors dan tidak ada hubungannya dengan Toyo Tires. Posisi Toyo Motors merupakan anak perusahaan Toyota.

Toyo Motors didirikan oleh Kazuo Kawamata, di kota Kariya dekat prefektur Aichi, Jepang, 1949. Sang pendiri merupakan orang yang sangat tertarik dengan mesin.

Ketertarikan Kawamata dengan mesin itu membuatnya dekat dengan Kiichiro Toyoda, pendiri Toyota. Pada 1942, Kawamata bekerja paruh waktu di Toyota Motor Research Laboratory.

Saat bekerja di Toyota, Kawamata kemudian menyibukkan diri dan mengembangkan mesin motor awal untuk digunakan di sepeda.

Mesin awal itu kemudian dikembangkan lebih lanjut. Kawamata mencari dana agar proyek ini bisa dilakukan independen dan memproduksi mesin motor yang lebih baik.

Tidak lama kemudian, Kawamata mendirikan Toyo Motors pada 1949, yang diposisikan sebagai anak perusahaan Toyota.

Di awal berdirinya, Toyo Motors cukup sukses. Pada 1952 produksi tahunan lebih dari 10.000 unit yang tentunya bukan prestasi kecil sebab Jepang masih terimbas Perang Dunia II.

Namun torehan manis itu tidak berlangsung lama. Tidak dijelaskan rinci mengapa Toyo Motors akhirnya gulung tikar pada 1960. Tapi diduga karena keputusan bisnis yang buruk.

Toyo Motors kesulitan dalam pengembangan produk. Kegiatan manufaktur juga terhambat. Banyak suku cadang rusak mulai menumpuk di dalam pabrik.

Untuk diketahui, dua tahun sebelum Toyo Motors gulung tikar, Honda meluncurkan Super Cub pada 1958 yang menjadi tonggak sejarah. Hal ini juga disinyalir membuat posisi Toyo terjepit.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/30/134100315/mengenal-toyo-motors-merek-motor-milik-toyota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke